Home / Kota Ambon / Loppies : Coaching Clinic Hasil Tindak Lanjut Lomba Cipta Lagu
Direktur AMO, Ronny Lopies

Loppies : Coaching Clinic Hasil Tindak Lanjut Lomba Cipta Lagu

AMBON,N25NEWS.COM – Coaching Clinic merupakan upaya tindak lanjut dari apa yang disampaikan Walikota Ambon tentang hasil lomba cipta lagu yang harus diarahkan masuk dalam studio rekaman, demikian pernyataan yang disampaikan oleh Direktur AMO,  Ronny Lopies pada pembukaan Coaching Clinic Tabea yang berlangsung di Marina Hotel, Kamis (27/9/2018).

Menurutnya, Coaching Clinic Album Tabea tahun 2018 merupakan tindak lanjut dari hasil lomba cipta lagu yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Ambon pada beberapa waktu yang lalu.

“Coaching Clinic ini untuk yang pertama kalinya dilaksanakan di Kota Ambon,  merupakan wujud sebagai bagian upaya dari tindak lanjut apa yang disampaikan oleh Walikota Ambon, terkait dengan hasil dari lomba cipta lagu harus diarahkan masuk ke studio rekaman,” kata Lopies.

Lanjutnya,  Coaching Clinic juga merupakan upaya dari Pemkot untuk sebagai salah satu percepatan Ambon Sebagai Kota Musik Dunia.

Untuk itu,  tambahnya berbagai upaya terus dilakukan oleh Pemkot sebagai bersama Ambon Musik Office (AMO) yang bertujuan untuk mempercepat perwujudan pengakuan Ambon Sebagai Kota Musik Dunia versi United Nations Educational (UNESCO),” ungkapnya.

Selain itu,  pihaknya juga terus memberdayakan studio lokal maupun Internasional yang ada di Kota Ambon untuk memperoleh pengakuan tersebut.

“Untuk itu kita berdayakan studio lokal yang ada di Kota Ambon, sambil memanfaatkan Studio Internasional yang ada di Unpatti untuk dioptimalkan, hal ini akan menjadi nilai tambah untuk Ambon menuju Kota Musik Dunia,” paparnya.

Dia menambahkan,  untuk percepatan perwujudan itupun dilakukan bukan secara top down atau dari atas ke bawah tetapi sebaliknya secara buttom up atau penyerapan aspirasi dan sosialisasi dari bawah, sehingga masyarakat juga dapat terlibat dalam upaya pencapaian tersebut, yakni Ambon sebagai Kota Musik Dunia

Selain itu, pada kesempatan yang sama, Walikota Ambon Richard Louhenapessy mengakui bahwa musik merupakan sebuah potensi luar biasa yang dimiliki oleh masyarakat Kota Ambon, yang diyakininya bahwa dalam DNA orang Ambon pun telah mengalir darah bermusik.

Namun,  lanjutnya selama ini kurang muncul ke permukaan sebab tidak digerakan dan diolah secara baik untuk menjadi kekuatan secara potensial.

Menurutnya,  musik bukan sekedar potensial tetapi bisa melahirkan ekonomi kreatif dan job baru yang bisa merekrut pekerjaan baru bagi masyarakat. “Selama ini kita tidak terlalu menonjol, karena kita hanya melihat musik sebagai sebuah hoby,” kata Louhenapessy.

Ditambahkannya,perkembangan musik kedepannya akan mengarah kapada digital,  sudah tidak lagi perkembangan musik secara manual seperti yang dilakukan selama ini.

Untuk itu,  ditengah-tengah persaingan yang sangat ketat ini, Pemkot Ambon merasa sangat perlu untuk menampilkan jati diri Kota yang jelas sebagai Kota Musik.

Dirinya juga memberikan apresiasi kepada masyarakat karena pemahaman tentang Ambon City Of Musik semakin baik, ini merupakan suatu hal yang sangat penting untuk mengejar ketertinggalan dalam banyak hal jika dibandingkan dengan Daerah lain.

Oleh : Wendy

About admin

Check Also

Seminar Sinergitas Penanganan Ancaman Non Militer

AMBON,N25NEWS.COM – Perwakilan Kementrian Pertahanan (Kemhan) Republik Indonesia yang berada di Provinsi Maluku menggelar Seminar …