sumber foto BERITABETA

Louhenapessy : Bangun Pariwisata,Ambon Tidak Bisa Sendiri

AMBON,N25NESW.COM – Potensi yang dimiliki oleh Provinsi Maluku adalah Potensi Pariwisata, sehingga Maluku maupun Kota Ambon tidak dapat berdiri sendiri dalam melihat hal tersebut, dibutuhkan kerja sama dengan Sulawesi dan Papua. Ungkap Walikota Ambon, Richard Louhenapessy saat diwawancarai awak media usai mengikuti kegiatan Diseminasi Kajian Ekonomi dan Keuangan Regional (KEKR) Provinsi Maluku Triwulan IV 2018 yang digelar oleh Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Maluku, bertempat di Santika Hotel, Kamis (14/3/2019).

Menurutnya, selama ini pola pikir yang dimiliki oleh Maluku maupun Kota Ambon tidak terintegrasi, sehingga perlu adanya kerja sama antara semua pihak yakni bappeda Provinsi maupun Kabupaten Kota dalam melihat hal tersebut.

“Potensi yang paling besar untuk Maluku ini antara lain soal potensi pariwisata, dan sebetulnya Maluku ini tidak bisa berdiri sendiri, harus dapat kerja sama dengan Sulawesi dan Papua, Potensi yang ada di kedua Daerah tersebut dapat kita tarik semua masuk ke Maluku, karena problemnya Maluku ini belum ada program torisme yang terintegrasi, sehingga Kota Ambon tidak mungkin jual diri sendiri,” kata Louhenapessy.

Lanjutnya menjelaskan, Kota Ambon tidak mungkin menjual diri sendiri, dalam artian semua potensi yang terkait dengan pariwisata semuanya diluar wilayah Kota Ambon, sehingga Ambon dapat mengambil keuntungan dengan menyiapkan Infrastruktur, sumber daya dan fasilitas pada setiap torisme yang ingin berkunjung ke tempat-tempat wisata tersebut.

“Seluruh potensi yang bagus di Ambon itu misalnya, mamala morela, batu layar, itu semua diluar wilayah kota Ambon, Kota Ambon bisa mengambil keuntungan disitu dengan infrastruktur, sumber daya dan fasilitas yang ada, jadi harus terintgrasi,” tuturnya.

Ia menambahkan, kedepannya ada konsep Maluku torisme yang terintgrasi atau Pariwisata Maluku yang terintegritas, sehingga diharapkan kepada seluruh stake holder untuk dapat melengkapi semua konsepnya secara bersama, agar kedepannya masyarakat maupun torisme yang ingin berkunjung ke daerah-daerah tersebut dapat merasakan kepuasan dan fasilitas yang baik.

Reporter : Mendy S

Editor : Redaksi

Check Also

Jelang Festival Pesona Meti Kei,Kreatif Evav Sibuk Persiapan Diri

MALRA,N25NEWS.com – Komunitas pecinta musik dan budaya Evav/Kei kreatif saat ini mulai banyak melakukan berbagai …

×

N25NEWS.com