Breaking News

Louhenapessy Harapkan Bank Sampah Dapat Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Kota Ambon

AMBON,N25NEWS.COM – Bank sampah diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat yang ada di kota Ambon, demikian pernyataan yang disampaikan oleh Walikota Ambon, Richard Louhenapessy pada sambutannya dalam acara Peresmian Bank Sampah Alstonia di Lorong Pohon Pule, Kamis (11/4/2019).

Menurutnya, bank sampah adalah salah satu sarana untuk mengajak masyarakat mengantar dan menyerahkan sampahnya sehingga itu bisa dirobah untuk menjadi nilai ekonomis. Selain itu, dengan adanya bank sampah, masyarakat akan diajarkan untuk menjual sampah sehingga dapat menghasilkan uang. “Sampah kertas, sampah plastik, sampah organik lainnya, senk kayu dan sebagainya, semuanya sudah diatur dengan nilai jual yang berbeda,” tutur Louhenapessy.

Dikatakannya, sampah sendiri harus dilihat sebagai sumber ekonomi yang baik. Pasalnya, sampah merupakan hasil penggunaan barang bekas oleh masyarakat itu sendiri dan jika diuangkan akan sangat menguntungkan dan secara tidak langsung dapat meningkatkan perekonomian.

“Sampah harus kita lihat sebagai sebuah kesempatan Gold, sebuah kesempatan emas dalam upaya untuk bisa meningkatkan harkat hidup dari pada kita lewat keluarga-keluarga kita, karena sampah itu bisa dirubah menjadi sebuah potensi yang menghasilkan secara ekonomis,” pungkas Louhenapessy.

Oleh karena itu, Pemkot sendiri akan merencanakan sampah plastik dapat ditukar dengan beras. Dengan begitu, masyarakat akan lebih giat dalam mengumpulkan sampah dan secara otomatis Ambon akan menjadi lebih bersih kedepannya.

“Ada ide dari pemkot begini, jadi plastik ini juga bisa kita rubah tukar dengan beras jadi karena ada orang yang misalnya katakanlah kita subsidi dengan berasa 1 kilo katakanlah untuk plastik 1 kilo itu ditukar dengan beras 1 kilo itu untuk mengedukasi ini masyarakat untuk itu. ini segala cara akan kita pakai karena ini ancaman serius bagi kita terutama di teluk ambon,” jelasnya.

Louhenapessy melanjutkan, selain menambah perekonomian hadirnya bank sampah akan membantu kota Ambon menjadi lebih bersih karena masyarakat sudah tidak lagi membuang sampah tapi menjualnya ke bank sampah.

“Kalau Ambon ini bisa clean, itu akan berdampak besar bagi kesejahteraan masyarakat, nilai ekonomi akan menjadi nilai emas bagi Ambon karena pada waktu orang datang kesini akan menikmati kota yang bersih, indah dan kota yang aman,” tandasnya.

Ia berharap, bank sampah dapat menjadi solusi untuk menekan kesadaran masyarakat dalam mengolah sampah menjadi penghasil uang dan tidak lagi membuang sampah dan membuat bencana pada saat musim penghujan.

“Kita berharap sungguh karena sampah itu juga salah satu sumber bencana yang bisa terjadi oleh karena itu mari kita komitmen untuk sampah ini menjadi sahabat,” tutupnya.

Reporter : Mendy S

Editor : Redaksi

About admin

Check Also

69 Siswa SDN 96 Ambon Resmi Jalani Proses Pembelajaran

AMBON,N25NEWS.COM – Sebanyak 69 siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 96 Ambon, telah resmi mendapatkan proses …