Home / Kota Ambon / Louhenapessy : Sapaan TABEA Miliki Arti Yang Luas
Walikota Ambon Richard Louhenapessy

Louhenapessy : Sapaan TABEA Miliki Arti Yang Luas

AMBON,N25NEWS.COM-Saya akan buat Keputusan untuk acara-acara di Kota Ambon,setelah Assalmwaalaikum,Syalom,Hom swasti hastu,dan Namo budaya kita akan menyapa dengan sapaan kultural Ambon yaitu TABEA,sama seperti saudara-saudara kita di MTB dengan sapaan KALWEDO.

Hal ini disampaikan Walikota Ambon Richard Louhenapessy,yang juga sebagai Upulattu pada acara HUT Kota Ambon yang ke 443 di Lapangan Merdeka Ambon,jumat (6/9/2018).

Lebih lanjut Louhenapessy mengtakan bahwa,”Tabea Terus Benahi Ambon adalah slogan yang bukan omong kosong belaka,dan Tabea juga memiliki arti yang sangat luas seperti jangan bilang saya Ambon kalu masih membuang sampah sembarangan,jangan bilang Ambon kalau hidup masih saling curiga dan jangan bilang Ambon kalau dengki kepada orang lain,”kata Louhenapessy.

Pemerintah Kota Ambon 5 Tahun yang akan datang akan buat Kota Ambon sebagai Kota yang Harmonis Sejahtera dan Riligius,mengapa Ambon harus dimulai dengan harmonis,sebab budaya harmonis merupakan warisan dari Leluhur orang Ambon yang ditujukan kepada kita seperti budaya Pela dan Dandong.

“Budaya Pela dan Gandong merupakan jati diri khas orang Maluku dan itu juga merupakan harga diri orang Ambon dan secara khusus orang Maluku,”jelas Louhenapessy.

Pada intinya keharmonisan orang Ambon merupakan perwujudan dari pada Tabea,Pela dan Gandong,”jadi kalau ada orang yang Tanya siapa kita,kita dengan bangga katakan Beta Ambon,”tandas Louhenapessy.

Oleh : Aris Wuarbanaran

About admin

Check Also

49 Persen Guru Di Kota Ambon Terancam Non Job

AMBON,N25NEWS.COM – Saat ini, kualifikasi guru di kota Ambon masih 51 persen terpenuhi untuk Strata …