Breaking News

Louhenapessy : UMKM Mampu Menyerap 90 Persen Tenaga Kerja

AMBON,N25NEWS.COM – Walikota Ambon, Richard Liuhenapessy, mengatakan bahwa Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) hingga dengan saat ini mampu mempu menyerap 90 persen tenaga kerja.

Menurutnya, hal ini menujukan adanya sebuah kontribusi yang nyata dalam perekonomian Indonesia. bahkan mampu menyumbang kebih dari 50 persen PDRB. Faktanya pelaku usaha mikro kecil, menengah dan kloperasi juga menempati bagian terbesar dari seluruh aktifitas ekonomi rakyat Indonesia mulai dari petani, nelayan, peternak, petambang pengrajin, pedagang dan penyedia jasa lainnya

“Pemerintah harus dapat memberikan perhatian yang serius terhadap keberadaan UMKM dan Koperasi, yang mana sejak 2015 hingga 2019 meningkatkan daya saing UMKM dan Koperasi sehingga mampu tumbuh menjadi usaha yang berkelanjutan dengan skala yang lebih besar, guna mendukung kemandirian perekonomian nasional melalui peningkatan akses pembiayaan dan perluasan skema pembiayaan,” kata Louhenapessy saat memberikan sambutan pada acara Workshop pemanfaatan kredit ultra Mikro di Kota Ambon, yang berlangsung di Marina Hotel, Rabu (27/02/2019).

Baca juga :   Ciptakan Sinergitas, Pemkot Laksanakan Pembinaan Administrasi bagi Parpol

Lanjutnya, wujud perhatian pemerintah terhadap keberadaan UMKM dan koperasi adalah dengan dikeluarkannya Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 22/PMK.05/2017 Tanggal 23 Februari 2017 tentang pembiayaan Ultra Mikro.

Ia menambahkan, program pembiayaan Iltra Mikro merupakan program tahap lanjutan dari program bantuan sosial yang diarahkan untuk tujuan kemandirian usaha yang menyasar usaha mikro yang berada dilapisan
terbawah yang sulit mengakses pembiayaan pada lembaga perbankan melalui program kredit usaha mikro.

Dirinya mengakui, untuk merealisasikan visi kedua Ambon Sejahtera dengan Misi ketiga memberdayakan ekonomi keluarga dan masyarakat, menuju kemandirian yang kreatif berbasis Sumber Daya melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro terus berupaya untu memberi ruang yang sebesar-besarnya untuk dapoat mengakses skim pembiayaan yang tersedia.

Reporter : Mendy S

Editor  : Redaksi

 

About admin

Check Also

2 Ruas Jalan Di Kota Ambon Akan Diperbaiki

AMBON,N25NEWS.COM – Untuk Tahun ini ada dua (2) ruas jalan yang akan perbaiki oleh Dinas …