Home / Pendidikan / Lounching 100 Buku dan Apela Meriakan Milad 72 MAN Ambon
(Dari Kanan) Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Maluku Hanafi Rumatiga

Lounching 100 Buku dan Apela Meriakan Milad 72 MAN Ambon

AMBON,N25NEWS.COM – Dalam rangka mempererat tali silaturahmi dan mengasah bakat serta kemampuan Siswa, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Ambon mengelar Milad ke-72, namun Mlad yang berlangsung di lapangan Upacara, Rabu(9/5) juga dimeriakan dengan Acara Pelepasan (Apela) 200 alumni tahun ajaran 2017/2018 MAN Ambon dan lounching pelucuaran bulan 1000 buku.

Meskipun pelaksanaanya dilaksanakan secara sederhana namun terkesan spektakuler dengan berbagai atraksi yang melibatkan siswa/siswi MAN Ambon, sehingga para tamu yang merupakan orang tua siswa, merasa terhibur dan menikmati berbagai sesi acara.

Kepala MAN Ambon Drs Sirajudin Mahubessy dalam sikapur sirih mengatakan,  pelepasan Alumni Madrasah Negeri  (MAN)  Ambon adalah satu momentum yang sangat spektakuler, karena kualitas kelulusan yang diraih siswa/siswi MAN Ambon adalah 100 persen dengan jumlah lulusan sebanyak 200 orang,

Bahkan melalui peluncuran bulan 1000 buku pihaknya akan mengembangkan nilai baca siswa dengan mendesain rak buku diberbagai ruang kelas, sehingga dengan buku akan menjadi teman untuk siswa itu sendiri.

“Kami ingingkan di MAN Ambon , agar disetiap pojok-pojok ruang kelas dan sebagainya akan didesain semaksimal mungkin sehjngga buku-buku itu akan menjadi teman mereka, dikala mereka duduk santai dengan teman, duduk berceita sambil membaca buku, sehingga akan memberikan inspirasi positig bagi mereka, dalam pengembangan dunia pendidikan dii madrasah”inginnya.

Terkait spektakulernya Milad kata  Mahubesi , bahwa kepercayaan orang tua mengamanatkan anak-anaknya kepada pihak sekolah selama 3 tahun untuk membina, melayani dan melatih , maka dari Rahim Madrasah ini selama tiga tahun siswa-siswa tersebut dikembalikan kepada orang tua.

Bahkan ini merupakan ajang silaturahmi antara orang tua, masyarakat dan pemerintah, bisa menjadi muatan kebersamaan dalam rangka menyemangati dunia pendidikan dan dalam rangka menyongsong  era baru dan yang harus digarap adalah potensi generasi masa depan.Untuk dirinya berharap  melalui momen Milad, Aplea dan Lounching bisa mengkristalisasikan kecintaan orang tua, Pemerintah, Pengambil kebijakan di lapangan, untuk mempunyai pikiran kedepan mensukseskan pendidikan.

Sementara itu Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Maluku Hanafi  Rumatiga dalam arahan singkatnya mengatakan, dengan dilepasnya 200 alumni MAN Ambon ke orang tua, usai selesai dibina, diasuh dan dibimbing kurang lebih tiga tahun, semoga bisa menjadi generasi yang lebih bailk dari sebelumnya dan akan menjadi generasi-generasi yang hebat dan bermartabat pada masa-masa akan datang.

Oleh sebab itu melalui kegiatan, Milad, Apela dan Lounching bulan 1000 buku, dengan tegline”Sprit Sukses Letrasi MAN Ambon’ yang dikemas dalam pelepasan alumni, merupakan tradisi yang sudah lama dilaksanakan madrasah di Maluku yang dicetus oleh mantan guru MAN Tulehu Drs Hi M Sodik M,Pd.

“Setiap guru yang menjadi alumni MAN 2 Ambon di Tulehu, pasti selesai anak-anaknya selesai ujian pasti melaksanakan Apela, kegiatan ini juga pernah dilakukan diperkampungan terjauh di SBT, disaat kami pernah menjabat sebagai Kepala MTs Amaskaro,”ungkapnya..

Kegiatan ini juga meruapakan sebuah ekspresi atas syukuran dan keberhasilan para siswa dalam melaksanakan pendidikan, sehingga diharapkan Apela harus perlu dilestarikan sebab melalui moment tersebut hubungan antara siswa khususnya peserta  ujian, orang tua dan guru, bisa saling bermaaf-maafakan Karena tidak dapat dipungkiri bahwa dalam proses perjalanan pendidikan selama tiga tahun, pasti ada hal-hal yang tidak berkenang, baik guru maupun siswa.

About admin

Check Also

Pemkab MTB Biayai 150 Guru Kuliah S1 Di UT Ambon

SAUMLAKI,N25NEWS.COM – Pemerintah Daerah Maluku Tenggara Barat (MTB) telah menandatangani nota kesepakatan atau Memorandum Of …