Home / Pendidikan / LPDP Maluku Kegiatan Massive Action Welcoming Alumni 2018

LPDP Maluku Kegiatan Massive Action Welcoming Alumni 2018

AMBON,N25NEWS.COM – Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) adalah Badan Layanan Umum (BLU) di bawah Sekretariat Jenderal Kementrian Keuangan Republik Indonesia yang didirikan sejak tahun 2012. Tugas Pokok dan Fungsi Utama LPDP adalah pengelolaan dana, penyaluran beasiswa untuk jenjang S2 dan S3 serta penyaluran dana riset. Sampai dengan saat ini LPDP telah berhasil menjaring 18.466 penerima beasiswa yang telah dan sedang menempuh study jenjang S2 dan S3 di berbagai Universitas di dunia dan juga telah berhasil meluluskan 5.310 Alumni.

Pada tahun ini LPDP berencana menyelenggarakan acara tahunan untuk menyambut Alumni LPDP, yang bertajuk Welcoming Alumni. Welcoming Alumni adalah salah satu cara bagi Alumni LPDP untuk saling menjalin koneksi atau berjenjang baik antar alumni sendiri maupun antara alumni dengan stake holder. Selain itu acara ini juga salah satu cara bagi LPDP untuk mengelaborasi potensi alumni dalam berkontribusi lebih jauh untuk kepentingan masyarakat luas. Rangkaian Welcoming Alumni LPDP  tahun 2018 ini akan dibuka dengan gerakan serentak atau  massive action yang akan mengusung tema “Toreh Cita 1000 Anak Bangsa”. Acara ini akan dilakukan serentak di seluruh Provinsi di Indonesia, dimana dalam acara ini Alumni LPDP yang tersebar di seluruh Indonesia akan melakukan satu hari berbagi inspirasi, pengalaman dan perjuangan menempuh pendidikan tinggi kepada para siswa/i di Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat. Adapun luaran dari kegiatan ini adalah membuat peta hidup (perencanaan masa depan) bagi masing-masing peserta.

Kegiatan Massive Action di Provinsi Maluku serentak dilaksanakan dengan daerah lain di Indonesia, yaitu pada tanggal 19 April 2018 di 3 Kab/kota, yaitu Kota Ambon, Masohi dan Banda Kab. Malteng serta Dobo Kab. Kepualauan Aru. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Alumni LPDP Provinsi Maluku yang telah menyelesaikan studi baik dalam negeri atau di luar negeri dan di level S2 dan S3 yang telah kembali ke provinsi Maluku.

Kegiatan ini dilaksanakan di beberapa tempat, yaitu di SMA 13 Ambon, MAN Masohi, SMA 3 Banda, SMA 1 Pulau Aru, SMA 3 Dobo dan beberapa sekolah di kepulauan Aru dengan target 1000 peserta anak bangsa putra Maluku. Pemilihan lokasi ini karena keterbatasan Alumni LPDP Provinsi Maluku saat ini yang masih berjumlah 10 orang dan berdomisili di ke tiga Kab/Kota tersebut.

Kegiatan ini diisi dengan berbagai inspirasi, pengalaman dan perjuangan alimni LPDP Provinsi Maluku dalam mencari beasiswa dan menempuh pendidikan tinggi baik di DN maupun di LN kepada siswa/i SMA atau sederajat, sosialisasi LPDP beserta beasiswanya dan terakhir peserta membuat peta hidup hingga 10 tahun ke depan.

Sebagai coordinator kegiatan ini adalah: Untuk Ambon (Imam Taufik, Magister Ilmu Farmasi Universitas Airlangga, bertugas di BPOM Ambon), untuk Masohi (Saidah Rauf, Doktor Ilmu Kedokteran UGM, bertugas sebagai dosen di Poltekes Masohi dan Samsul Bahri, Master of Art Fakultas Ilmu Sosial Politik UGM, bertugas di Sekretariat DPRD Kab. Malteng), untuk Banda (Aditya Putra Basir, Magister Budidaya Perairan Universitas Brawijaya, bertugas sebagai dosen di STP Hatta Sjahrir Banda Neira) serta untuk Dobo (Miftahulfadhlik Dabamona, Master of Science in Teaching English to Speakers of Other Languages, The Queen’s University of Belfast, United Kingdom, bertugas sebagai dosen PSDKU Unpatti Dobo)

Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan motivasi anak-anak putra Maluku untuk melanjutkan pendidikan setinggi-tingginya sehingga kedepan mereka akan kembali ke daerah dan membangun Provinsi Maluku menjadi lebih baik.

 

Kontribitor: Imam Taufik, Alumni LPDP PK-11, Magister Ilmu Farmasi Universitas Airlangga,

Alamat: BPOM Ambon, Jl. dr. Kayadoe SK 20 Kudamati Ambon 97100. HP: 081388037000

About admin

Check Also

Satgas TMMD Ke-103 Beri Penyuluhan Tentang Rekrutmen TNI-AD

AMBON,N25NEWS.COM – Dalam rangka kegiatan non fisik Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) …