Home / Opini / LPMP Perannya di Pertannyakan

LPMP Perannya di Pertannyakan

AMBON,25NEWS.COM-Sudah puluhan tahun Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Maluku ini berdiri tetapi perannya patut dipertanyakan, mengapa ? Lembaga yang di gadang-gadang sebagai salah satu solusi untuk mendongkrak mutu pendidikan ini seolah-olah terasa asing bagi sebagian besar masyarakat yang berada di daerah ini,hanya segelintir orang saja yang tau tentang fungsi dan peran Lembaga ini.Hal ini menjadi catatan penting bagi Pemerintah Provinsi Maluku untuk secara serius dapat membenahi Lembaga ini.

Miris memang dengan kondisi yang terjadi, padahal dengan kehadiran Lembaga ini masyarakat mengharapkan ada terobosan-terobosan yang lahir dari Lembaga ini secara inovatif, keterbukaan serta transparansi.Mengapa para elit yang mempunyai kepentingan hanya diam dengan kondisi yang terjadi ? apakah yang mempunyai kepentingan tidak tau,ataukah pura-pura tidak tau ? aneh bin ajaib,padahal Pemerintah telah mengucurkan anggaran yang cukup besar untuk mendongkark metu pendidikan di Maluku yang secara nasional berada diperingkat paling buncit.

Maluku salah satu dari 8 Provinsi yang berjasah melahirkan Republik ini,berarti ini membuktikan bahwa walaupun dengan kerterbatasan yang ada,tetapi putra-putri Maluku mampu membuktikan bahwa kualitas pendidikan mereka  pada saat itu sangat bermutu sehingga  patut ancungi jempol.Berarti mutuh pendidikan pada saat itu ada pada level tertinggi,sehingga Maluku diperhitungkan oleh daerah-daerah yang lain di Indonesia.Malukulah yang berperan penting dalam mencerdaskan daerah lain,salahnya adalah Papua.

Sejarah telah membuktikan pendidikan di Maluku sangat bermutuh,terbukti pendidikan pada saat itu telah melahirkan putra-putri Maluku hebat-hebat sebut saja Mr Latuharhari,Dr Laimena,Dr.Siwabessy pakar penyakit kusta di Indonesia,Ina Bala Wattimena dan masih banyak lagi putra-putri daerah ini yang mengharumkan Republik ini,tapi mengapa Maluku pendidikannya ada di peringkat paling buncit secara nasional ? Provinsi Pupua yang tadinya ada diperingkat bawah sekarang bahkan melewati Maluku,Apa yang salah ini menjadi peringatan serius kita semua di daerah tercinta ini.(Aris Wuarbanaran)

About admin

Check Also

SUPM Akui Miliki Berita Acara Hibah Lahan Dari Pemda Maluku Oleh : Gali Markalin

AMBON,N25NEWS.COM -Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Waiheru Ambon mengakui memiliki berita cara pelimpahan hibah lahan …