Lunturnya Semangat Nasionalisme,Menyebabkan Terancamnya Integritas Bangsa

AMBON,N25NEWS.COM-Salah satu masalah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang sering mengancam integritas kesatuan dan persatuan bangsa,adalah lunturnya semangat nasionalisme dan cinta tanah air dalam setiap anak bangsa,menyebabkan warga menyepelekan rasa memiliki bangsa.

Hal ini disampaikan Kabid Penanganan Konflik Kesbangpol Provinsi Maluku,Sam Sialana,saat mewakili Gubernur Maluku pada Acara Lomba Parade Cinta Tanah Air (PCTA) dilantai II Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku,rabu (24/7/2019).

Menurutnya lagi,kegiatan sosialisasi ini akan membentuk karakter Generasi Mudah Indonesia melalui lomba kreatifitas dan inovasi yang yang dikoordinir oleh Kementerian Pertahanan Provinsi Maluku,ini menjadi sangat urgen dan substansial yang diharpkan dapat menggairakan kehidupan kebangsaan.

Jelasnya,rasa cinta tanah air dan bangsa yang terangkum dalam semangat patriotisme,harus selalu tertanam dalam setiap sanubari rakyat Indonesia.

“Kita lihat akhir-akhir ini rasa nasionalisme tersebut kian dirasakan tidak sekuat dahulu,maka sudah barang tentu perlu digalakan kembali semangat kebangsaan ini,”kata Sialana.

Adapun dampak arus globalisasi begitu cepat merasuk ke dalam masyarakat terutama di kalangan muda,pengaru globalisasi ini juga berpengaru sangat kuat terhadap anak muda,karena begitu kuatnya pengaru globalisasi maka anak muda kehilangan kepribadian diri sebagai bangsa Indonesia.

Baca juga :   Lohy : Ingat Ijazah Bukan Jaminan Dapat Kerja

“Karena itu saya mengapresiasi kegiatan Lomba Parade Cinta Tanah Air ini dan saya percaya kegiatan ini mampu memberikan rangsangan yang besar dan memberikan manfaat bagi bangsa dan negara dan tugas mulia ini tidak boleh terputus,”tutur mantan Plt Kepala Kesbangpol ini.

Sementara itu,nilai-nilai otetap harus diperkuat serta dibarengi dengan moral dan karakter,sehingga bangsa ini mampu menghadapi gempuran nilai-nilai globalisasi yang sangat masif yang melanda seluruh dunia dan dalam  skala yang lebih luas.

“Untuk itu,saya mengajak semua pihak untuk turut berperan mendukung suksenya penyelenggaraan lomba parade ini,semoga maksud baik yang terkandung dalam kegiatan ini akan mendatangkan manfaat bagi generasi muda di daerah ini,”tandasnya.

Reporter           : Aris Wuarbanaran

Editor               : Redaksi

Check Also

Maluku Dapat Bantuan Kapal Feri 1500 GT

AMBON,- Provinsi Maluku memperoleh bantuan dari Pemerintah Pusat berupa satu unit kapal ferry berukuran besar …

×

N25NEWS.com