Mahasiswa Demo Tolak Pemilihan Rektor Unpatti Ambon

AMBON,N25NEWS.com-Aksi demonstrasi yang dilakukan oleh mahasiswa fakultas sosial politik (Fisip) dan fakultas hukum,menolak pemilihan Rektor,karena menganggap pemilihan Rektor jalur kedua,yang penentuan waktu pemilihannya tidak sesuai dengan keputusan para senat.

“Aksi kami ini,adalah bentuk keresahan dan tidak menerima pemilihan Rektor jalur ke dua karena penentuannya tidak sesuai dengan keputusan bersama dan hasil keputusan para senat,”ungkap koordinator lapangan (korlap) aksi demo,Simon Batmamolin,saat membacakan tuntutan aksi demo yang berlangsung dilingkungan kampus Unpatti desa Poka Kecamatan Teluk Ambon,jumat (18/10/2019).

Lebih lanjut menurut,Batmamolin,mahasiswa merasa adanya kejanggalan percepatan proses pemilihan dari yang sebelumnya ditetapkan tanggal 30 Oktober 2019, namun dimajukan hari ini tanpa diputuskan dalam Rapat Senat.Ketua Senat dan panitia pemilihan tidak punya dasar untuk menerbitkan surat undangan pemilihan karena harus melalui persetujuan Senat.

“Kami Mahasiswa beralasan, saat ini kondisi pemerintahan dalam masa transisi sehingga Menteri Ristek Dikti tidak memiliki hak penuh untuk menentukan keterpilihan Rektor Unpatti, periode 2020-2024. dan kami menolak 35 persen suara menteri yang lama,”tegas Batmamolin.

Selain itu,para mahasiswa aksi demo datang menyampaikan apa yang seharusnya tidak terjadi pada pemilihan rektor jalur ke dua saat ini,sehingga para mahasiswa meminta untuk hadirkan senat guna mempertanggung jawabkan apa yang sudah menjadi kesepakatan bersama.

Baca juga :   Caritas Germany Gandeng YPM Lakukan Rangkaian Bantuan Korban Gempa SBB

“Kita ingin sampaikan kebenaran yang kita miliki,untuk itu kita harapkan agar pemilihan rektor hari ini ditunda sampai tanggal 30 Oktober 2019 sesuai kesepakatan senat dan kami meyakini bahwa rapat pemilihan rektor adalah sebuah penindasan terhadap kampus Unpatti ini,untuk itu kita menolak dengan keras pemilihan Rektor dan kami menolak Rektor 2 periode,”tandas Batmomolin.

Adapun,para mahasiswa minilai,Senat Unpatti telah gagal total dan inkonsisten serta ketua senat tidak netral dalam pemilihan Rektor Unpatti,bahkan para mahasiswa menduga adanya kepentingan politik dibaik pemilihan rektor Unpatti Ambon,hal ini terlihat dengan kebijakan Menteri yang tak prinsipil.

“Untuk itu kami meminta agar pemilihan Rektor Unpatti masa bhakti 2010-2024 untuk ditunda dan kami juga menolak adanya 35 persen suara Menteri yang lama serta kami menunggu adanya suara Menteri yang baru,”tutup Batmamolin.

Reporter     : Aris Wuarbanaran

Editor        : Redaksi

 

 

About admin

Check Also

BNN Maluku Memusnahkan 49,78 Gram Sabu – Sabu

AMBON,N25NEWS.com – Badan Narkotika Nasional Provinsi Maluku (BNNP-Maluku) melaksanakan pemusnaan barang bukti berupa narkotika jenis …

×

N25NEWS.com