Home / Pendidikan / Mahulette : USBN Tingkat SMP/MTs Berbasis KP Tak Kurangi Hasil Jujur UN

Mahulette : USBN Tingkat SMP/MTs Berbasis KP Tak Kurangi Hasil Jujur UN

AMBON,N25NEWS.COM – Proses Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) di tingkat menengah pertama/madrasah dengan jumlah sebanyak mencapai 6000 lebih siswa Hari ini serentak digelar Kota Ambon.

Diakui oleh Ketua MKKS Kota Ambon, Jantje Mahulette saat ditemui N25NEWS.COM, Senin (09/04) di Ruang Kerjanya.

Oleh Mahulette dikatakan, pelaksanaan USBN kemudian dilakukan dengan dua versi baik berbasis  komputer ataupun kertas pensil.

Menurutnya, ada sebanyak sebelas  SMP/MTs yang mengikuti USBN berbasis Komputer. Akan tetapi, Dilihat lihat kembali dari sisi jangka waktunya, makanya Agak Lama kalau menggunakan komputer oleh karena bukan lagi 4 hari pelaksanaan melainkan bisa sampai 7 hari pelaksanaannya.

Sama halnya, proses pelaksanaan USBN yang lakukan oleh SMP Negeri 6 Ambon dan SMP Terbuka.

Terlepas dari pada Ketua MKKS Kota Ambon, Mahulette sebagai Kepala Sekolah SMP Negeri 6 Ambon juga mengakui bahwa pelaksanaan UNBK di Lembaga Pendidikan ini terpaksa menggunakan sistem Kertas Pensil.

Hal ini kemudian difaktori oleh jumlah mata pelajaran yang padat yakni 7 mata pelajaran dan paling lama 7 hari giatnya.

“Akan tetapi sekalipun dilaksanakan berbasis kertas pensil namun tidak mengurangi nilai kejujuran dari pada hasil UN sendiri,” pungkasnya.

Terhadap itu, Mahulette berharap nilai yang kemudian diperoleh dari USBN dan UNBK tak berbeda jauh hasilnya. Oleh sebab sebagian soal Ujian Sekolah tersirat beberapa materi UN.

Dari pihak pengawas pendidikan Kota Ambon juga sangat mengharapkan siswa kerja sesuai dengan waktu yang di tetapkan. Itupun berlaku sama pula bagi ke 15 siswa SMP Terbuka selain kepada 330 siswa SMPN 6 Ambon.

Menutupnya, Mahulette katakan untuk proses USBN selama 4 hari kedepan (09-12/04), baik SMPN 6, SMP Terbuka maupun Seluruh sekolah Menengah Pertama/MTs, Pola yang kemudian diterapkan pengawasannya rata-rata sama. Dan nilai yang harus dicapai Kelulusan nya ialah minimal 5,5.(Amy Latuny)

About admin

Check Also

Satgas TMMD Ke-103 Beri Penyuluhan Tentang Rekrutmen TNI-AD

AMBON,N25NEWS.COM – Dalam rangka kegiatan non fisik Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) …