Breaking News

Malteng Dominasi Juara STQ Terbatas 2019

AMBON,N25NEWS.COM – Setelah   dewan melalui proses penilaian yang cukup seletif dan teliti dari dewan hakim, akhirnya Kabupaten Maluku Tengah mendominasi juara pertama lomba Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) terbatas tingkat provinsi Maluku 2019.

Penetapan juara berdasarkan keputusa dewan hakim STQ terbatas Provinsi Maluku nomor 02/DH-STQ/Promal/V/2019 yang diketuai KH.R. R Hassanusi.

Dari tiga mata cabang yang dilombakan, Kabupaten Malteng memperoleh tiga mata lomba yakni, CangTilawah golongan kanak-kanak puteri diraih Canda Wulan Sari, lomba 1 Juz dan Tilawah Putri diraih Naysila Nirwati, golongan 5 Juz dan tilawah putra diraih M Hudzaifahn.

Perolehan juara yang sama juga dicapai masing-masing, La Ode Mahmud Milikin dari Cabang Tilawah Al Quran golangan kanak-kanak putra dan golongan dewasa atas nama Sadam yang keduanya dari Kabupaten Buru.
Sementara untuk Cabang Hifzih golongan 1 Jus dan Tilawah putra dari Zakwan Zaki Henaulu dari Kota Ambon dan golongan 5 Jus putri diraih Anisa rahman dari Kabupaten Maluku Tenggara ( malra).

Selain mendapat mendapat penghargaan dan bonus dari panitia, mereka yang meraih juara pertama juga diberi kesempatan mengikuti ozSTQ tingkat nasional di Kota Pontianak Provinsi Kalimantan Barat.

Ketua LPTQ Maluku Ismail Usemahu dalam arahan penutupan STQ mengatakan, STQ yang telah berlangsung telah menghasilkan qori dan qoriah serta hafiz dan hafizah yang terbaik berdasarkan penampilan dan kemampuan yang telah ditunjukan masing-masing peserta.

Baca juga :   Kakanwil Dorong Program dan Anggaran Pendis Tahun 2020

“Apa yang adik-adik peserta tunjukan pada STQ ini, tentunya merupakan prestasi yang sangat gemilang dan ini harus terus dipertahankan dan ditingkatkan,”pinta Usemahu.
Dimama STQ bukan hanya untuk mencari pembaca atau penghafal Al Quran, akan tetapi ada makna semata yang perlu diwujudkan dan dilestarikan, untuk bagai mama kita mampun menunjukan kecintaan terhadap AlnQuran dimasyarakat dan membumikan sehingga nanti akan tercipta generasi Al Qurani yang mampu berjuang dijalan Allah SAW.
Ia juga merasa bangga dengan prestasi yang diraih peserta kali ini yang merupakan anak-anak asli dari putra dan putri Maluku.

Oleh karena itu, LPTQ Maluku merasa terima kasih yang tunggi dari pengurus LPQ Kabupaten/kota yang telah memberikan upayah khusus terhadap pembinaan qori dan qoria bagi anak-anak asli daerah, sehingga diyakinkan sungguh bahwa anak-anak kita yang ada diseluruh pelosok desa di Maluku memiliki kemampuan yang tidak beda dari daerah lainnya.

“Mudah-mudahan apa yang dicapai kali ini akan terwujud pada MTQ XXVIII tingkat provinsi Maluku tahun 2019 di Namlea bulan Mei mendatang,”harapnya.

Meskipun disadarinya masih terdapat beberapa mata lomba yang belum bisa diandalkan,”ujarnya.

Untuk itu kedepan diharapkan mata lomba tersebut dapat diupayakan, melalui pembinaan dan pengembangan secara berjenjang dan sistim matis.

Reporter : Gali M

Editor : Redaksi

About admin

Check Also

232 Peserta KSM Rebut 11 Tiket Tingkat Nasional

AMBON,N25NEWS.COM –  Pembukaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Provinsi yang diikuti 232 siswa/siswi tingkat Madrasah …