Maluku Akan Ekspor 4 Ton Kepiting Ke Malaysia Dan Singapura

AMBON,N25NEWS.COM-Pemerintah Provinsi Maluku (Pemprov) melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Desperindag) akan kembali melakukan ekspor hasil perikanan non ikan yaitu komoditi kepiting sebanyak 4 ton ke Malaysia dan Singapura,yang senelumnya telah mengekspor komoditi kepiting perdananya pada tanggal 12 Januari 2019 sebanyak 1,2 ton.
Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku,Elvis Pattiselano, kepada awak media di Kantor Gubernur Maluku,jumat (25/01/2019).

Lebih lanjut Pattiselano mengatakan bahwa,”Tadi eksportirnya telah menghubungi saya untuk rencana ekspor kepiting sebanyak 4 ton lagi.Jadi kepiting ini kita akan jadikan hasil perikanan non ikan yang akan diekspor secara rutin,” kata Pattiselano.

Dengan dibukanya keran ekspor komoditi kepiting ini akan berdampak posetif bagi daerah Maluku terhadap meningkatnya outcome (pendapatan) para nelayan khususnya komoditi kepeting di daerah penghasilnya yaitu Kabupaten Kepulauan Aru.

“Kepiting ini para nelayan mengumpulnya (kepiting masih hidup) kemudian akan dibeli oleh para eksportirnya di Aru,salanjutnya akan dibawah ke Ambon,baru diekspor dari Ambon ke Malaysia dan Singapura,” jelas Pattiselano.

Begitu potensinya komoditi kepiting ini membuat berbagai negara tergiur memintahkan adanya kerjasama terkait komoditi kepiting yang terkenal dengan kandungan proteinnya yang sangat baik ini dan salah negara yang telah meminta untuk ekspor kepiting ini adalah negara China.

“Ternyata dulu kepiting ini banyak yang dibawah ke Timika (Papua),baru kemudian diekspor dari Timika ke negara tujuan ekspornya,nah sekarang kita tarik itu,sebab sekarang eksportirnya sudah berkantor di Ambon dengan fasilitas yang memadahi (instalasinya),”tandas Pattiselano.

Penulis : Aris Wuarbanaran
Editor : Redaksi

About admin

Check Also

Pasca Gempa Harga Bahan Pokok Di Pasar Ambon Stabil

AMBON,25NEWS.com-Pasca gempa bumi di Ambon 6,8 magnitudo tidak berpengaru pada harga kebutuhan pokok di beberapa …

×

N25NEWS.com