Maluku dan Papua Menempati Posisi Teratas Penduduk Miskin

AMBON,N25NEWS.COM-Provinsi Maluku dan Papua merupakan dua daerah yang sangat kaya akan Sumber Daya Alam (SDA),yang begitu melimpah tetapi kenyataan ini sungguh merupakan ironi,bagaimana tidak Maluku dan Papua menempati posisi teratas penduduknya miskin.

Data BPS (Badan Pusat Statistik),mencatat Maluku dan Papua jumlah penduduk miskinya menempati posisi teratas atau tertinggi di Indonesia,sungguh miris memang,dan tercatat angka kemiskinan di dua Provinsi tersebut sebesar 21,20 persen atau 1,5 juta orang dari total populasi penduduknya.

Ada apa yang terjadi dengan kinerja pemerintah selama ini,dan lagi pemerintah seolah larut dalam eforia dengan kembalinya Freeport kepelukan bangsa ini dan sukses dan lancarnya ekspor ikan keluar negeri,kedua hal tersebut digadang-gadang akan meningkatkan kesejahteraan rakyat,tapi mana ?

Data BSP diatas menjadi bahan perenungan bagi bangsa dan Negara ini,dan peroalan ini menjadi tanggung jawab semua koponen bangsa, satu hal yang paling penting mengenai persoalan kemiskinan adalah jangalah para elit saling mengkambing hitamkan satu dengan yang lain,ingat itu.

Untuk itu diharapkan bagi semua pemangku kepentingan di Negara ini,baik itu Pemerintah Pusat,Pemerintah Daerah,DPR,DPRD serta komponen lainya jangalah menutup mata.Jangan sampai opini publik berkembang seolah-olah pemerintah bersenang-senang diatas penderitaan rakyat.

( Oleh :Aris Wuarbanaran)

 

Check Also

Gubernur Maluku Lepas Ekspor Tuna Ke Jepang

AMBON,N25NEWS.com-Gubernur Maluku Murad Ismail melepas ekspor komuditas ikan Tuna ke Narita Jepang.Diandai pemasangan label Bea …