Maluku Jadikan Pengangguran Dan Kemiskinan Prioritas Utama

AMBON,N25NEWS.com-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku,menjadikan pengangguran dan kemiskinan menjadi program prioritas utama pada tahun 2021.Sebab berfasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Maluku per Agustus 2019,jumlah pengangguran di Maluku sebanyak 54.575 orang.

Pemprov Maluku juga tengah berupaya terus menggandeng investor agar mau menanamkan modal di daerah setempat.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Maluku,Murad Ismail,dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Maluku,Kasrul Selang,saat membuka Rapat Forum SKPD Bidang Ketenagakerjaan dan Ketransmigrasian Provinsi Maluku di lantai III Dinas Narkertrans,kamis (27/2).

Menurut gubernur,kegiatan ini menjadi momentum untuk menjadikan peran bidang Ketenagakerjaan dan Ketransmigrasian dalam peningkatan kualitas dan produktivitas tenaga kerja,terus dilakukan,sebab pengangguran masih jadi permasalahan serius di setiap daerah termasuk provinsi Maluku.

“Kita bersyukur pengangguran pada tahun kemarin telah berkurang,ketimbang tahun 2018,dimana ada orang yang nganggur sebanyak 54.891,berarti ada 316 orang telah mendapatkan pekerjaan.Hal ini mempengaruhi penurunan pengagguran dari 7,27 persen Agustus 2018 menjadi 7,08 persen pada Agustus 2019,sebab pengangguran merupakan akumulasi kurangnya kesempatan kerja,”jelasnya.

Ia menambahkan,ada beberapa kebijakan yang perlu dilakukan,yakni menciptakan iklim investasi,memberikan pelayanan one stop sevice,penyediaan infrastruktur,peningkatan professional ASN perihal perizinan peningatan pengawasan.

“Untuk itu,saya berharap rapat forum SKPD ini dapat melahirkan konsep,ide dan gagasan kontekstual,agar target investasi senilai Rp.5,16 triliun di tahun 2020 dapat tercapai,maka sudah barang tentu pertumbuhan ekonomi meningkat,angka kemiskinan tirun dan penyerapan tenaga kerja di Maluku,”tandasnya.

Reporter : Aris Wuarbanaran

Editor : Redaksi

Check Also

Maluku Terkonfirmasi Satu Orang Positif Terjangkit  Virus Corona

AMBON,N25NEWS.com – Sekretaris Daerah Maluku (Sekda)Maluku Kasrul Selang  yang juga sebagai Ketua  Gugus Tugas Covid …