MAN Ambon Siap Terapkan UASBN Komputer

AMBON,N25NEWS.COM  -Meninda instruksi Dinas Pendidikan, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Ambon nyatakan siap menerapkan pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional(UASBN) berbasis komputer.

Sebagai madrasah yang pernah menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasia Komputer (UNBK) secara sarana prasarana pendukung komputer, tentu sudah siap menyelenggarakan UASBN dengan menggunakan komputer. Demikian hal ini disampaikan Wakamad Kurikulum MAN Ambon A.Rahmania Abidin pada koran ini di Ambon, Senin(28/1/2019).

Untuk menghadapai hal tersebut, kata Abidin pihaknya saat ini telah melakukan berbagai persiapan baik untuk siswa sendiri maupun guru dalam wadah Musyawara Guru Mata Pelajaran(MGMP) dalam penyusunan kisi-kisi soal, termasuk memasukan soal-soal USBN dengan 20 mata pelajaran (mapel).
Dimana dalam 20 mapel umum yang didalamnya juga terdapat dua mapel madrasah.

“Kita di madrasah kan, UANBN kan ada dua lima mapel tapi yang masuk itu pada tahun ini kan tiga mapel saja, jadi yang dua ini kan bahasa Arab dan Aqidah Akhlak masuk dalam UASBN,”jelasnya.
Oleh sebab itu dalam menghadapi UASBN pihak madrasah sebelumnya sudah melakukan pemantapan sejak semester ganjil yang diterapkan setiap hari, dari pagi hingga pukul 14.30 WIT.
Dimana siswa akan digenjot dengan berbagai soal-soal, baik itu UNBK untuk empat mapel pilihan dan soal UANMBK termasuk UASBN.

Selain itu juga pelatihan ujian oneline dalam kegiatan extra kulikuler.
Bahkan untuk lebih memantapkan siswa dalam menguasai penggunaan komputer, juga sudah diterapkan simulasi sebanyak dua kali, baik untuk UANMBK dan UNBK, selanjutnya akan kembali dilanjutkan dengan satu kali simulasi.

“Semua ini untuk mempersiapkan anak-anak agar mahir mempergunakan komputer, tapi intinya sukses prestasi,”ungkapnya.

Untuk tahun ajaran 2018/2019 tedapat 181 siswa peserta UNBK dengan 70 unit komputer dalam dua ruang ujian dengan tiga sesi pelaksanaan ujian.
Ia berharap agar peran orang tua di rumah dapat memperhatikan aktifitas siswa dirumah agar mencapai suksesi pelaksanaa, prestasi dalam pelaksanaan ujian.

Penulis      : Gali M

Editor        : Redaksi

Check Also

Sebanyak 396 Sekolah Menengah Atas Di Maluku Ikut UN Wajib Gunakan Komputer

AMBON,N25NEWS.com-Sebanyak 396 sekolah menengah atas dari SMA dan SMK yang akan mengikuti Ujian Nasional (UN) …