Maraknya Penimbunan Kayu Ilegal Di MTB

SAUMLAKI,N25NEW.COM-Sekian banyak kayu ilegal yang ditemukan Tim Aliansi Indonesia Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) baru-baru ini sangat mengejutkan,masyarakat yang selama ini tidak mengetahui tindakan ilegal yang sangat merugikan masyarakat MTB ini.

“IjinTempat Penampungan Terdaftarnya tidak ada ini ilegal namanya sebab diketahui salah satu gudang penampungan kayu dengan macam-macam ukuran antara lain 30 x 25 kayu jenis swalap,kayu ukuran 20 x 15 cm,kayu ukuran 15 x 15 cm dan kayu ukuran 10 x 10 rata-rata jenis kayu toreng,”ungkap Jams Masela Ketua DPC Aliansi Indonesia Cabang MTB kepada N25NEWS.COM,rabu (19/9/2018).

Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Maluku Tenggara Barat (MTB) Ris Nanaryain ketika dikonfirmasi menjelaskan bahwa belum ada satupun ijin penampungan kayu yang dikeluarkan oleh Dinas Kehutanan Propinsi kepada sebagian besar pengusaha di Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) ini.

Baca juga :   Sorlury Bantah Ada Money Politic Di Pilkades Alusi Kelan

Lebih lanjut Nanaryain mengatakan,”di MTB ini belum ada satu pengusaha yang punya ijin Tempat PenampunganTerdaftar (TPT),hanya baru satu pengusaha yang sementara berproses yaitu Fredy Tandjaya alias Kongkiau,” kata Nanaryain.

“Terkait ijin TPT itu yang berkewenangan mengeluarkannya adalah Dinas Kehutanan Propinsi bukan Pemerintah Kabupaten setempat.Untuk itu diharapkan agar permasalahan ini menjadi perhatian semua pihak yang berkepentingan untuk bersama-sama dapat mencegah maraknya penimbunan kayu ilegal di Bumi Duan Lolat ini,”tandas Jams Masela.

Oleh : Marcel Kalkoy/Aris Wuarbanaran

 

Check Also

Wabup Kepulauan Tanimbar Agustinus Utuwaly Menyerahkan Sertifikat Tanah Kepada Masyarakat Makatian 

SAUMLAKI,N25NEWS.com-Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Tanimbar,Agustinus Utuwaly,S.Sos yang didampingi Kepala Kantor Wilayah  (Kakanwil) Badan Pertanahan Nasional …