Home / Maluku / Masalah Merkuri dan Sianida ESDM Diminta Transparan
salah satu mahasiswa IAIN Ambon Fasiden Rumaka,saat ditemui dirinya di sela-sela demo mahasiswa, Aliansi Mahasiswa Peduli Rakyat Maluku (AMPERA) di depan Polsek Sirimau Ambon,rabu (8/8)..

Masalah Merkuri dan Sianida ESDM Diminta Transparan

AMBON,N25NEWS.COM-Masalah merkuri dan sianida di tambang emas gunung botak,sampai hari ini belum adanya kejelasan yang berarti dari Pemerintah Provinsi Maluku khususnya Dinas ESDM yang dinilai belum transparan.

Hal ini disampaikan salah satu mahasiswa IAIN Ambon Fasiden Rumaka,saat ditemui dirinya di sela-sela demo mahasiswa, Aliansi Mahasiswa Peduli Rakyat Maluku (AMPERA) di depan Polsek Sirimau Ambon,rabu (8/8/2018)

Lebih lanjut Rumaka mengatakan,”maraknya merkuri dan sianida di gunung botak seperti siluman haus dara,hingga terjadi korban embrio makluk hidup bahkan manusia pun meninggal,”kata Rumaka.

Dampak terhadap masyarakat luas dan lingkungan di gunung botak bukanlah omong belaka,sebab menurut peneliti Universitas Pattimura Ambon Yustinus Malle mengatakan bahwa keseluruhan daerah aliran sungai waiapo telah tercemar merkuri dan sianida.

“kita kuatir jangan seperti di minamata Jepang pada tahun 1956 itu terjadi di gunung botak.Dinas ESDM harus transparan terhadap hal ini,”jelas Rumaka.

Untuk itu Pemerintah Maluku dalam hal ini Dinas ESDM untuk transparan dalam menangani masdalah ini,” saya mau tandaskan masyarakat di daerah tersebut,kondisinya sudah sangat memprihatinkan,jika dibiarkan terus maka aka nada korban lebih banyak lagi,”tandas Rumaka.

Oleh : Aris Wuarbanaran

About admin

Check Also

Gubernur Harap Dana Transfer Dimanfaatkan Optimal

AMBON,N25NEWS.COM  – Gubernur Maluku, Said Assagaff berharap dimanfaatkan secara optimal objek Pendapatan daerah pada Tahun …