Home / Agama / Masih Terdapat Empat CJH Maluku Tunda Berangkat Karena Sakit
Kabid Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) provinsi Maluku Hi Yamin S.Ag

Masih Terdapat Empat CJH Maluku Tunda Berangkat Karena Sakit

MAKASAR,N25NEWS.COM – Pemberangkatan  Calon Jemaah Haji (CJH) khusus Maluku lewat Embarkasi Makassar telah memasuki hari ketiga, baik Kloter 10, 11 dan 12 yang berjumlah 1.070 jemaah, namun diantaranya masih terdapat empat jemaah yang mengalami penundaan lantaran sakit dan masih dirwat di Rumah Sakit Wahidin Makasar.

Kempat CJH tersebut antara lain, Abu Husen Suat Bin Muhammad,Arif Suat (76) asal desa Elat Kei Besar Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) dan Ibrahim Rahayaan Bin Husein Rahayaan (66) warga Tamangil Nuheten Kabupaten Malra  dan keduanya merupakan CJHyang tergabung dalam kelompok terbangan (kloter) 12.

Selain itu, Achmad Achyar Emmil Samal Bin Ali Samal (49) dan Nurhayati Wance Yahya (45), keduanya merupakan warga Batumerah yang tergabung dalam kloter 10 asal Kota Ambon.

Terkait dengan keempat CJH tersebut menurut Kabid Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) provinsi Maluku Hi Yamin S.Ag yang dihubungi via selulernya, Rabu(25/7) menuturkan, bahwa apapun prisipnya PPIH Maluku tetap akan berupaya agar jemaah haji Maluku tidak ada yang tertinggal, sehingga semuanya harus diberangkatkan tidak ada yang tersisa.

“Jadi prinsipnya kita PPIH Maluku tetap berupaya tidak ada jemah haji kita yang tertinggal, semuanya harus diberangkatkan, sama halnya dengan satu jemaah yang baru diberangkatkan dengan kloter 12 tadi ini,”jelasnya.

Untuk itu, kalau saat ini pihak PPIH Maluku telah melakukan langkah insentif untuk dirawat di RS Wahidin sehingga penangananya lebih terawat dengan baik hingga kesehatannya pulih kembali.

Staf  Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP)asrama haji Sudiyan embarkasi Makasar yang dikonfirmasi mengatakan, bahwa keempat calon jamaah haji Maluku embarkasi  Makassar kondisinya tidak memungkinkan untuk melakukan penerbangan, sehingga ditunda keberangkatannya.

Baca juga :   Dipastikan Oktober Kantor Kemenag Pinda Lokasi, Menag Canangkan PTSP

Meskipun tidak dijelaskan secara jelas namun keempat jemaah tersebut telah dirujuk ke RS Wahidin  Kota Makasar

Meski demikian, kata petugas KKP kalau keempatnya telah mendapatkan perawatan. Jika kondisinya sudah membaik, maka calon jamaah haji ini bisa diberangkatkan bersama kloter selanjutnya.

“Mereka sudah mendapatkan perawatan, kalau memungkinkan kita berangkatkan ke kloter lain, kalau saat ini sementara tidak ikut sama kloternya,”pungkas staf tersebut.

About admin

Check Also

Dipastikan Oktober Kantor Kemenag Pinda Lokasi, Menag Canangkan PTSP

AMBON,N25NEWS.COM –Dipastikan di bulan Oktober 2018 mendatang ini, Kantor Kementerian Agama Provinsi Maluku yang sementara …