Breaking News
Workshop Forum Anak Maluku dan Pemilihan Anak Kreatif

Melalui Workshop Forum Anak Maluku Dapat Meningkatkan Kapasitas Kemampuan Dan Kreatifitas Anak

AMBON,N25NEWS.COM-Dinamika pembangunan di bidang social,budaya dan ekonomi,dengan adanya perkembangan globalisasi serta kemajuan teknologi informasi,selain membawa dampak posetif dalam perspektif pemenuhan hak anak oleh semua pihak untuk menjaga berbagai macam pengaruh yang sewaktu-waktu dapat membawa dampak yang merugikan generasi yang akan datang.

Hal tersebut disampaikan Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Maluku,Roni Tairas,saat membacakan sambutan Gubernur Maluku Murad Ismail pada Acara Workshop Forum Anak Maluku dan Pemilihan Anak Kreatif di Provinsi Maluku tahun 2019,yang berlangsung di Aula LPMP Rumah Tiga Ambon,rabu (18/7/2019).

Lebih lanjut ia mengatakan anak adalah harapan masa depan bangsa dan generasi penerus dimasa yang akan datang,dimana masa anak-anak merupakan fase manusia mengalami tumbuh kembang yang menentukan masa depan.Hal ini secara tegas diamanatkan dalam UUD 1945 didalam Pasal 12 B ayat (2) bahwa negara menjamin setiap anak berhak atas kelangsungan hidup.

“Kita lihat juga pada UU Nomor 23 tahun 2002,sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak,bahwa setiap anak berhak untuk dapat hidup, tumbuh dan berkembang serta berpartisipasi secara wajar dan mendapat perlindungan dari tindak kekerasan dan diskriminasi,”kata Tairas.

Selain itu,dalam rangka meningkatkan pemenuhan hak anak dan partisipasi anak,maka melalui Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak no 3tahun 2011 tentang partisipasi anak yang disebut Forum Anak,yang dibentuk secara berjenjang mulai dari tingkat Desa,Keluarahan,Kecamatan,Kabupaten/Kota,Provinsi dan Nasional.

Sementara itu,Workshop Forum Anak Maluku ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kemampuan dan kreatifitas Forum Anak Provinsi Maluku maupun Kabupaten/Kota,sedangmkan pemilihan anaka kreatif bertujuan untuk mempersiapkan Anak-anak pengurus Forum Anak Provinsi maupun Kabupaten/Kota untuk mengikuti Forum Anak Nasinal di Makassar.

“Anak-anak kita pada Forum Anak Maluku akan mengikuti Forum Anak Nasional (FAN) di Makassar pada tanggal 19 sampai 22 Juli 2019 dan acara peringatan Hari Anak Nasional (HAN) yang diperingati pada tanggal 23 Juli 2019 yang di pusatkan di Lapangan Karebosi Kota Makassar Sulawesi Selatan,”jelasnya.

Untuk diketahui Tema Forum Anak Nasional (FAN) tahun 2019 adalah Satu Dekade FAN yakni, Kita Beda Kita Bersaudara,Bersama Kita Maju dan Tema Hari Anak Nasional (HAN) adalah Kualitas Keluarga Menopang Perlindungan Anak.

“Untuk itu,saya harapkan anak-anak Maluku yang akan mengikuti kegiatan FAN dan HAN di Kota Makassar,dapat berperilaku dengan baik,sesuai budaya orang Maluku serta dapat menunjukan rasa persaudaraan dan kerukunan dengan peserta lainnya,”tandasnya.

Reporter        : Aris Wuarbanaran

Editor            : Redaksi

 

 

About admin

Check Also

Kantor Bupati KKT Direnovasi, Aktivitas Pindah Ke Kewarbotan

SAUMLAKI,N25NEWS.COM-Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) terus berbenah dan memperbaiki penampilan wajah kota Saumlaki serta mencoba …