Home / Kesehatan / Membangun Kampung KB di Maluku Tenggara Adalah Membangun Masyarakat Dari Pinggiran

Membangun Kampung KB di Maluku Tenggara Adalah Membangun Masyarakat Dari Pinggiran

AMBON,N25NEWS.COM-Pencanangan Kampung KB di Kabupaten Maluku Tenggara yang dipusatkan di Kecamatan Kei Kecil Timur tepatnya di Desa Ohowain.Pencanangan ini juga dilaksanakan di 11 desa tingkat kecamatan.Program Kampung KB ini merupakan tidak lanjut dari pada yang dicanangkan  Presiden.

Hal tersebut disampikan Kepala Dinas Pengendalian Kependudukan dan Keluarga Berencana Maluku Tenggara,Drs.H.Salim Renhorath,kepada N25NEWS.COM via live phone,belum lama ini.

Lebih lanjut Renhorath mengatakan,”Ini merupakan tindak lanjut dari dari 9 agenda proritas nawacita pemerintah ditahun 2015 sampai ditahun 2019 dan hanya 3 agenda yang menjadi tugas dari Dinas Pengendalian Kepndudukan untuk membangun masyarakat Maluku Tenggara yang berkualitas,bermartabat dan membentuk karakter yang baik,”kata Renhorath.

Terkait dengan koordinasi SKPD yang ada harus memahami bahwa Kampung KB merupakan tanggung jawab,dalam rangka membangun masyarakat dari pinggiran sesuai amanat nawacita agar masyarakat dapat dapat menikmati pembaNgunan seperti masyarakat yang tinggal di perkotaan.Untuk itu SKPD terkait harus meninggalkan egonya untuk melaksanakan tugasnya sesuai tupoksi mereka.

Sedangkan untuk tingkat partisipasi Kampung KB di Maluku Tenggara masyarakat merasakan bahwa program ini merupakan sebuah kebutuhan,sebab petugas secara berjenjang telah mensosialisasikan program tersebut kepada masyarakat.Yang paling disukai masyarakat Malra adalah dan Implan.

“Peserta KB Pria di Kabupaten Maluku Tenggara animo masyarkat masih rendah karena untuk pria hanya ada dua alat kontrasepsi yang lebih fameliar yaitu Kondom dan sehingga pria lebih senang kalau peserta KB itu para Ibu-ibu,tetapi tidak menutup kemungkinan pria juga bisa mengikuti KB,”jelas Renhorath.

Adapun kami juga melaksanakan salah satu program yaitu Safari Tentara Manunggal KB Kesehatan dengan menghadirkan Dandim 1503 Maluku Tenggara, kemudian dari perwakilam BKKBN Provinsi Maluku untuk mengikuti secar langsung pelaksanaan kegiatan tadiyang dipusatkan di desaa Bianpulau

Pada saat pelaksanaan kegiatan itu dilakukan sosialisasi tentang program kependudukan buat tentara kemudian sosialisasi Kamtibnas dari pihak Kodim,” untuk tingkat kriminalisasi dari sudut pandang anak yang terlampau banyak di satu keluarga kemudin kenakalan,dan dimana dijaring 78 peserta KB baru,kita melakukanm pelayanan Implan Pil dan Suntik,”tandas Renhorath.

Oleh :Aris Wuarbanaran

 

About admin

Check Also

Peringati Hari Kesehatan Nasional Ke-54 Bpom Ambon Lakukan Rangkaian Kegiatan Kie

AMBON,N25NEWS.COM – Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional yang diperingati setiap tanggal 12 November, pada …