Memperkuat Program KKBPK, BKKBN Maluku Gelar Forum Jejaring Kemitraan

AMBON,N25NEWS.com – BKKBN Perwakilan Provinsi Maluku menggelar Forum JejarIng Kemitraan Program KKBPK dengan DPRD dan OPD-KB Kabupaten/Kota tingkat Provinsi Maluku di Amaris Hotel 4 November 2019.

Sementara itu,dalam Sambutan Plt.Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku yang di bacakan Kabid KS/PK Fredy Kastanya,SE. M.Si mengatakan dalam perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), BKKBN memiliki tugas dan tanggung jawab dalam pengendalian penduduk yang di implementasikan dalam bentuk program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

Selain itu urusan Pengendalian Penduduk dan keluarga Berencana merupakan urusan wajib yang tidak berkaitan dengan pelayanan dasar dan merupakan urusan bersama antar Pemerintah Pusat dan Daerah.

Kastanya juga mengungkapkan urusan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana,ada 4 urusan bersama antara pemerintah pusat dan daerah yaitu Pengendalian penduduk,Keluarga berencana (KB),Keluarga sejahtera dan Standarisasi pelayanan KB dan sertifikasi tenaga penyuluh KB (PKB/PKLB.

Sehingga kata Kastanya,dengan lahirnya undang-undang 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah tersebut, maka tugas pokok dan fungsi BKKBN tidak hanya menyelenggarakan Program Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi semata, tapi juga melaksanakan kewenangan terkait dengan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi, dan juga Pembangunan Keluarga Dengan demikian maka BKKBN tidak bisa bekerja sendiri tanpa dukungan dan para mitra kerja di Daerah.

Untuk itu Kastanya mengharapkan anggota DPRD dan OPD-KB Kabupaten/Kota dapat menggaungkan kembali program Kependudukan, keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga( KKBPK) di Kabupaten/Kota sesuai tugas tungsi dan perannya masing-masing.

Baca juga :   Widya,Saatnya Organisasi Wanita Bergerak Maju.

Sesuai mandat yang di berikan kata Kastanya,BKKBN dalam meningkatkan kualitas Hidup manusia Indonesia serta dalam upaya mensukseskan Dimensi Pembangunan Kesehatan serta Mental / Karakter makan BKKBN bertanggung jawab untuk meningkatkan peran keluarga dalam mewujudkan revolusi mental.

Selain itu lanjut Kastanya, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional turut memperkuat pelaksanaan pembangunan kependudukan dengan upaya pengendalian kuantitas dan peningkatan kualitas penduduk.

Oleh karena itu Kastanya mengharapkan dengan adanya Forum Jejaring Kemitraan Program KKBPK yang di gelar ini,Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) mendapat perhatian khusus dari seluruh stakeholder terutama Anggota DPRD dan Mitra Kerja terkait termasuk OPD-KB Kabupaten/Kota untuk memperkuat arah kebijakan yang dituangkan dalam kegiatan-kegiatan prioritas yang dapat memberikan daya ungkit dalam upaya pencapaian target sasaran Rencana Strategis Program KKBPK di Provinsi Maluku .

Sementara itu Kasubid Hubungan antar lembaga Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku Yanthy Wattimury dalam laporan panitia mengatakan tujuan di laksanakan Forum Jejaring kemitraan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman mengenai advokasi,promosi dan komunikasi informasi dan edukasi (KIE) untuk program KKBPK agar mampu mengindenfikasi kegiatan advoksi kepada para pengambil keputusan dari berbagai sector di tingkat Kabupaten/Kota dengan penguatan Jejaring Kemitraan program KKBPK di Provinsi Maluku.

Adapun pematerinya dari DPPKB Kota Ambon,BAPPEDA Provinsi Maluku,Koalisi Kependudukan dan Kabid KS/PK Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku.

Editor : Redaksi

Check Also

OJK Gandeng Dinas Koperasi Malteng Gelar Business Matching

MASOHI,N25NEWS.com – Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Maluku menggandeng Dinas Koperasi dan usaha Mikro, …

×

N25NEWS.com