Mengasah Sikap Peduli Lingkungan Lebebae Community Gelar Aksi Bersih Dan Penghijauan Di Siwang Paradise

AMBON,N25NEWS.com-Anak-anak yang tergabung dalam Lebebae Community kembali menggelar aksi bersih dan penghijauan yang kali ini mengambil lokasi di Siwang Paradise dusunan Siwang desa Urimesing Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon.

“Aksi pembersihan sampah dan penghijauan kali ini kami libatkan Kodim 1504/Ambon Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP) Kota Ambon,Komunitas Gerakan Sayang Maluku (GSM) dan SD 65 PDK Ambon,”ungkap Founder Lebebae Community,Kezia Tulalessy kepada N25NEWS.com,belum lama ini.

Menurut Kezia selaku anak-anak Maluku yang tergabung dalam komunitas Lebebae Community,melihat bahwa sampah di Siwang Paradise cukup banyak,oleh karena itu pihaknya mengusulkan ke pemerintah dalam hal ini DLHP) Kota Ambon untuk bisa menyediakan Tossa (truk) untuk minimal satu minggu satu kali ada truk yang datang untuk mengangkut sampah disini (Siwang).

“Bukan cuma di Siwang Paradise,tetapi tempat wisata di Siwang juga harus diangkut sampah-sampahnya,agar pengelola dan penjual-penjual disini juga mereka tau dan bisa membuang sampah padah tempatnya.Sebab kalau,kumpul sampah tapi kalau tidak dikelola atau di bawa ke TPA itu sama saja bohong,karena nantinya mereka buang sampah ke juarang yang tadi kami sudah bersikan,”tegas Kezia.

Pada kesempatan ang sama Kepala Sekolah SD Negeri 65 Ambon mengatakan,kegiatan dari komunitas Lebebae Community ini sangat positif dan selaku guru dan siswa SD 65 yang terlibat dalam Amboina Ukulele Kids Community juga merasa kegiatan ini sangat bermanfaat.

“Sehingga kami terlibat bersama-sama dengan mereka selaku anak-anak milenial untuk melakukan kegiatan bersih lingkungan dan penanaman pohon,”jelasnya.

Adapun ketegasan Kezia diatas juga didukung pula oleh salah satu anggota GSM Ipur Salampessy yang meminta perhatian khusus dari pemerintah untuk juga bisa mengelola atau pembersihan di sampah di tempat wisata Siwang.

Baca juga :   Kampung Pisang Kembali Banjir Rob,Warga Keluhkan Tidak Adanya Solusi Dari Pihak Desa Poka

Selain itu,masyarakat disekitar tempat wisata Siwang ini harus memiliki kesadaran untuk membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan,agar tidak mengotori dan merusak lingkungan.

“Terus masyarakat juga harus jaga kebersihan agar terlihat indah dan masyarakat pun juga harus mempunyai inisiatif sendiri bahwa kalau kita membuang sampah sembarangan akan menimbulkan hal-hal yang tidak kita inginkan seperti bencana alam dan semoga kedepan Ambon lebih bersih dan maju,”ujar Salampessy.

Sementara itu,Koordinator kebersihan Lettu Inf Hamlek Lumamuli yang mewakili Komandan Kodim 1504/Ambon Letkol Inf Dominggus CA Soumokil mengakui bahawa memang permasalahan lingkungan itu sangatlah penting,dimana sekarang dimana-mana sudah terjadi banyak sekali pencemaran terhadap lingkunga dan teristimewanya pencemaran sampah.

“Oleh sebab itu,gagasan dari anak-anak Lebebae Community yang hadir disini kami sangat bangga,apalagi mereka sudah koordinasi dengan kami aparat terkhusus kami di wilayah Kodim dan Koramil yang koordinir oleh Korem 151/Binaiya sehingga apa yang kami laksanakan sangat baik menyangkut kebersihan,”kata Lumamuli.

Ditambahkan Lumamuli pihaknya memiliki dua kegiatan yaitu penanaman dan pembersihan,tetapi pihaknya terfokus pada pembersihan sehingga kedepan,terutama kepada semua masyarakat disini untuk jangan membuang sampah sembarangan.Karena,membuang sampah semabarangan akan terjadi hal-hal yang tidak dinginkan seperti bencana longsor dan banjir.

“Jadi apa yang sudah kita laksanakan,harus kita kerjasama dengan baik ersama adik-adik dari Lebebae Community,kita bangga sehingga kedepan kita lebih kompak dalam melaksanakan berbagai kegiatan seperti ini,”tandas Lumamuli.

Editor : Aris Wuarbanaran

Check Also

Sekretaris KPU Buru , informasi Kehilangan Uang 50 juta di Mejanya tahun 2019 Hoax

Namlea,N25NEWS.com -Sekretaris komisi pemilihan umum (KPU) kabupaten Buru Azis Fesanrey membantah adanya Kehilangan uang sebesar …