Bpom Ambon Gelar Sosialisasi,Tingkatkan Kepedulian Anak Sekolah Dasar Terhadap Keamanan Pangan

AMBON,N25NEWS.COM – Balai POM di Ambon melaksanakan kegiatan  KIE (Komunikasi, Informasi, dan Edukasi) dengan menggelar sosialisasi untuk meningkatkan kepedulian anak Sekolah Dasar terhadap keamanan pangan di 2 SD yaitu SDN 7 dan SDN 78 Ambon Rabu, (27/03/2019).

Kegiatan  yang  diikuti oleh 100 siswa dari kelas 4 dan 5 ini,mengsosialisasi tentang  keamanan pangan  sekolah dan cara cuci tangan yang baik bagi Anak-anak sekolah dasar di kedua  Sekolah Dasar tersebut  dan secara lansung di tinjau oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon  Dr. Fahmi Sallataholy,M.Hum dan di hadiri oleh kepala Sekolah SDN 7 Marthina Pattiradjawane, S.Pd, Kepala sekolah SDN 78 Henderina Likumahwa, S.Pd., M.Pd , dan Imam Taufik, S.Farm., Apt., M.Farm selaku Kepala Seksi Informasi Komunikasi Balai POM Ambon.

Dalam  sosialisasi tersebut dipaparkan materi mengenai bahaya yang terdapat pada jajanan anak sekolah,cara cuci tangan yang baik dan cek KLIK (Kemasan, Label, Izin Edar, dan kedaluwarsa) pada produk pangan oleh Siska Yanti, S.Si., Apt., Fendika Wahyu Pratama, S.Si , Nisrina Zahira Haqi, S.KM dan Agatha Riona Octavianus, S.Farm., Apt

Untuk materi pertama disampaikan tentang bahaya pada jajanan sekolah yang meliputi tiga faktor yaitu bahaya fisik, kimia, dan biologi. Bahaya  terhadap pangan karena adanya cemaran fisik seperti rambut, kerikil, dan staples. Bahaya terhadap cemaran kimia seperti pangan yang mengandung boraks, formalin, methanyl yellow dan rhodamin B. Serta bahaya terhadap cemaran mikrobiologi seperti bakteri dan virus. Serta, cara mencuci tangan yang baik dengan 6 langkah.

Selain kegiatan KIE, Balai POM Ambon melakukan sampling dan pengujian cepat (rapid test)  terhadap Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS). Produk pangan yang diuji adalah telur gulung, tempe goreng, mie, sirup mangga.

Parameter yang diuji adalah kandungan formalin pada telur gulung, tempe goreng dan mie serta methanyl yellow pada mie dan sirup mangga. Berdasarkan hasil pengujian, menunjukkan bahwa produk pangan yang diuji tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya sehingga aman untuk dikonsumsi.

Dengan mengedukasi Keamanan Pangan kepada siswa/siswi, Balai POM Ambon berharap para siswa/siswa bisa menjadi konsumen yang cerdas dan cermat, salah satunya dengan memilih Pangan yang Aman dengan cara CekKlik (Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin Edar, dan Cek Kadaluarsa).

Editor : Redaksi

 

 

 

 

 

Check Also

Untuk Sinergikan Hasil Pengujian Lab, BPOM Ambon Bentuk Jala Mikro

AMBON,N25NEWS.com – Balai Pengawasan Obat dan Makan (BPOM) di Ambon membentuk jejaring Laboratorium Mikrobiolog yang …

×

N25NEWS.com