Home / Agama / Menteri ESDM Membuka Pesparani Katolik I Nasional

Menteri ESDM Membuka Pesparani Katolik I Nasional

AMBON,N25NEWS.COM – Walaupun ketidakhadiran Presiden Joko Widodo, namum pembukaan Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Katolik I tingkat nasional berlangsung meriah.

Meriahnya acara keagamaan ini semakin terpencar dari semangatnya peserta, walaupun sudah berada di lokasi kegiatan dari pukul 15.00 WIT untuk mengikuti misa sekaligus pembukaan Pesparani, Apalagi acara ini juga dihadiri umat Muslim, Hindu dan Budha yang semakin memancarkan suasana hidup orang beragama di Maluku dan secara luas Indonesia.

Kegiatan yang berlangsung di lapangan merdeka, Ambon, Provinsi Maluku, sabtu (27/10) berlangsung meriah dibawah sorotan tema “Membangun persudaraan sejati dari Maluku untuk Indonesian” dan sub tema “Dengan pelaksanaan Pesparani Katolik Nasional I Kita Padukan Tekat Dalam Upaya meningkatkan persatuan dan kebhinekaan demi kemajuan bangsa dan kemulian Tuhan”

Event keagamaan umat Katolik yang baru pertama kali dilaksanakan secara  nasional ini, selain dihadiri Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Iqnasius Jonan, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Gubernur Maluku Said Assagaff, Ketua LP3KN Adrianus Meliala, Anggota Komisi VII DPR Mercy Barends serta 12 ribu orang yang merupakan delegasi 34 provinsi seluruh Indonesia mulai dari Aceh sampai Papua.

Peserta yang hadir berjumlah 4804 orang, undangan yang hadir sebanyak 200 orang, pendukung acara 989 orang, peserta ibadah, dewan juri, panitia pusat dan daerah, serta para penggembira kurang lebih 4490 orang, sehingga jumlah yang hadir dalam pembukaan kurang lebih 12 ribu orang.

Presiden Joko Wodido yang diwakili Menteri ESDm Iqnasius Jonan, dalam sambutannya berharap seluruh peserta harus bisa bersaing secara sehat dan menghasilkan penyanyi Gereja, lebih dari itu sebagai bagian untuk selalu memuliakan nama Tuhan.

“Semoga Pesparani dapat meningkatkan pelayanan kita kepadanTuhan “ujarnya.

Tak lupa dirinya menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu menjaga dan melestarikan kebhinekaan, dalam persatuan, kerukunan dan persaudaraan, dalam membawa Indonesia sebagai negara yang sangat besar dan dihormati di dunia.

“Tanpa persatuan, kerukunan dan persaudaraan, membangun Indonesia akan tidak mudah. Oleh karena itu kita berharap hal tersebut tetap terjaga di dalam kebhinekaan,”pintanya.

 

About admin

Check Also

Kuota CPNS 2018 Kemenag Maluku Tak Terpenuhi,Tunggu Evaluasi Kemenpan-RB

AMBON,N25NEWS.COM – Kuota Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan instansi lembaga vertikal Kementerian Agama …