Menyambut HUT RI Ke-75,BPNB Maluku Menggelar Berbagai Kegiatan

AMBON,N25NEWS.com- Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Maluku akan menggelar berbagai kegiatan,dalam rangka menyambut dan memeriakan HUT Kemerdekaan RI ke-75 tahun 2020.Hal ini dilakukan juga memberi ruang seluas-luasnya bagi para pelaku seni atau komunitas budaya di masa pandemi Covid-19.

Dijelaskannya,berbagai kegiatan yang akan memerihakn Hari Ulang Tahun kemerdekaan bangsa Indonesia ini yakni, pentas seni, kuliner tradisional Maluku, lomba catur dan tenis meja.Selain itu,momen HUT RI ke-75,diadakan guna membangkitkan kebudayaan di Maluku serta keprihatinan bagi pelaku seni di masa sedang mewabahnya virus corona.

“Untuk momen 17 Agustus ini,sekaligus mendukung pekan kebudyaaan daerah yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan kebudayaan,maka kami akan melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan,seperti pentas seni,lomba kuliner tradisional Maluku dan beberapa mata lomba lainnya,”ungkap Kepala BPNB Provinsi Maluku Rusli Manorek kepada awak media d ruang kerjanya, rabu (12/8).

Lebih lanjut menurut Manorek, ditengah pandemi seperti ini, dipastikan para pelaku seni juga mengalami dampak, karena itu BPNP selalu memberikan tempat kepada mereka untuk tetap dapat berkarya dalam kondisi Covid-19. Selain,kegiatan tadi pihaknya juga akan menggelar festival musik tradisonal yang akan diikuti oleh 22 sanggar di kota ini yang akan menampilkan karya-karya mereka.

“Kegiatan-kegiatan ini akan tetap mengacu pada protokol kesehatan, sebab kita takut jika tak ikut protokol kesehatan, akan timbul klaster baru.Seluruh rangkaian kegiatan pentas seni, festival kuliner dan musik tradisional akan dilakukan secara online yakni disiarkan secara langung melalui kanal youtube BPNB Maluku,”kata Manorek.

Adapun,Manorek menandaskan seluruh kegiatan dipusatkan di kantor BPNB Maluku dan akan disiarkan secara langsung, sehingga masyarakat dapat menyaksikan penampilan para pelaku seni dan komunitas budaya.

Pihaknya juga mengelar lomba penulisan karya ilmiah bagi para siswa SMA dan sederajat se-Maluku dan Maluku Utara serta talk show budaya,”Untuk itu,kami harapkan semua kegiatan yang digelar ini dapat diikuti oleh berbagai kalangan masyarakat,”tandas Manorek.

Editor : Aris Wuarbanaran

Check Also

Kakanwil Minta Jajarannya Bangun Integritas Dalam Bekerja

AMBON,N25NEWS.com- Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku, Jamaludin Bugis meminta jajarannya membangun …