Home / Pendidikan / Merosotnya Mutu Pendidikan Sebab Managemen Guru Lemah

Merosotnya Mutu Pendidikan Sebab Managemen Guru Lemah

AMBON,N25NEWS.COM-Merosotnya mutu pendidikan yang terjadi di beberapa Kabupaten yang berada di Provinsi Maluku disebabkan karena Kepala Sekolah dan para guru tidak mau berupaya untuk membangun mutu pendidikan yang lebih baik serta tidak adanya keinginan untuk keluar dari zona degradasi.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Seksi Pendidikan Dan Tenaga Kependidikan  SMK Provinsi Maluku Dahlan Soulisa kepada media ini saat ditemui diruang kerjanya pada Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Maluku,kamis (24/05/2018).

Lebih lanjut Soulisa mengungkapkan bahwa ada kepala sekolah dan guru yang tidak mengidakan teguran dari Dinas Penididikan Kabupaten/Kota,”bahkan ada mengatakan Kabupaten tidak punya wewenang untuk menegur kepala sekolah dan guru,sebab yang mempunyai hak untuk menegur adalah Provinsi,”ungkapnya.

Terkait dengan merosotnya mutu pendidikan di Maluku salah satunya juga adalah kepala sekolah dan guru sistem manegemennya sangat lemah maka otomatis akan mempengaruhi mutu pendidikan tersebut.Bahkan kita punya Ujian Kompetensi Nasional (UKN) begitu lemah dari 34 Provinsi.

“Maluku berada pada jurang degradasi alias juru kunci,otak pendidikan kita ada mana ? sudah barang tentu ada pada seorang pengawas dan kepala sekolah,rata-rata guru yang ada di Kabupaten lemah dalam hal manegemen dan otaknya,”jelasnya.

Menurutnya lagi, Provinsi Papua mutu pendidikannya maju tidak terlepas dari kontribusi guru asal Maluku hal ini terbukti dalam urutan UKN Provinsi Papua berada pada urutan 11 Nasional dari 34 Provinsi di Indonesia.Ini menjadi catatan penting untuk seluruh pemangku kepentingan di daerah ini.

Ditanya mengenai fungsi kontrol Pemerintah dalam hal ini Dinas Pendidikan Provinsi Maluku,Soulisa menandaskan bahwa “fungsi kontrol Dinas Pendidikan terbentur dengan masalah klasik yaitu anggaran yang begitu kecil,untuk itu para kepala sekolah solusinya adalah dana BOS harus digunakan tepat sasaran dan dikelolah dengan baik,”tandasnya.

 

About admin

Check Also

Satgas TMMD Ke-103 Beri Penyuluhan Tentang Rekrutmen TNI-AD

AMBON,N25NEWS.COM – Dalam rangka kegiatan non fisik Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) …