Home / Kesehatan / Minimnya Pengetahuan Pria BerKB Di Kota Tual, Dinas DP3AP2 dan KB Kota Tual Tingkatkan Sosialisasi

Minimnya Pengetahuan Pria BerKB Di Kota Tual, Dinas DP3AP2 dan KB Kota Tual Tingkatkan Sosialisasi

TUAL,N25NEWS.COM – Saat ini Pemerintah Kota Tual lewat Dinas Pemberdayaan perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana lagi berupaya untuk mengajak kaum pria berKB.

Hal ini di sampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tual  Dra.Bau Intang,Apt M.Kes saat di wawancarai lewat sambungan telepon lansung dari Tual Maluku Tenggara belum lama ini.

Ada Beberapa penelitian kata Bau Intang,menunjukkan bahwa rendahnya partisipasi pria dalam KB disebabkan beberapa faktor yakni akses informasi dan pelayan yang terbatas dan masih adanya hambatan sosial maupun kultural sehingga pihaknya melibatkan tokoh agama dan masyarakat dalam rangka meningkatkan penerimaan masyarakat terhadap KB Pria.

“Untuk itu tahun 2018 ini kami akan tingkatkan sosialisasi dengan begitu akan  membangkitkan kesadaran masyarakat bahwa kesehatan reproduksi bukan hanya tanggung jawab isteri tetapi merupakan tanggung jawab bersama suami dan isteri,sehingga terwujud kesetaraan dan keadilan gender dalam KB,”kata  Kepala Dinas Perlindungan dan Pemberdayaan perempuan dan Anak ,Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tual  Bau Intang pada N25NEWS.COM.

Untuk sosialisasi ungkap Intang,pihaknya melibatkan Motivator KB pria agar dapat memberikan daya ungkit yang besar terhadap kesertaan ber-KB Pria dengan cara memberikan informasi, memotivasi, dan mengajak sesama pria untuk menjadi peserta KB.

“Selain itu, Pengetahuan pria tentang kesehatan reproduksi dan KB menjadi fokus penting  dalam sosialisasi agar mereka mengetahui dan memahami perannya di dalam keluarga,”tegas Bau Intang.

Untuk di ketahui bahwa saat ini baru 1 peserta KB pria yang ada di kota Tual dan direncanakan kata Kepala Dinas Perlindungan dan Pemberdayaan perempuan dan Anak ,Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tual  ini akan di upayakan tahun 2018 ini kurang lebih 5 orang peserta KB pria.

 

Oleh : Redaksi

 

About admin

Check Also

BPJS Kesehatan Gelar Sosialisasi JKN-KIS Di Kalangan Kepolisian Di Piru

PIRU,N25NEWS.COM – Guna meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta JKN-KIS terhadap prosedur, hak dan kewajiban serta …