Minimnya Sosialisasi Prodi Baru Pada IAKN Ambon Mempengaruhi Target Penerimaan

AMBON,N25NEWS.COM-Target penerimaan mahasisiwa baru untuk Institut Agama Kristen Negeri Ambon (IAKN) belum mencapai targetnya disebabkan masyarakat Maluku belum tahu banyak program-program studi (prodi) baru yang di buka di IAKN,setelah peningkatan status ke Institut.

Hal tersebut disampaikan Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru  IAKN  Ambon Yance Rumahuru (42) kepada N25NEWS.COM,di Kampus IAKN Ambon,jumat (27/7/2018).

Lebih lanjut Rumahuru mengatakan,”kita membuka penerimaan secara online dan of line,tetapi ternyata kami sadar bahwa didaerah-daerah belum bisa mengaksesnya,itu saja hambatannya,”kata Rumahuru.

Setelah peninkatan status dari Sekolah Tinggi ke Institut,prodi-prodi sangat baik untuk Maluku,seperti prodi pariwisata,komunikasi dan penyiaran,Paud dan disamping itu sudah ada pendidikan seni musik,selain musik gereja.

“Kami sudah membuka pendaftaran untuk gelombang I dank e II,tapi belum mencapai 300,gelombang I dan II sudah tes dari yang daftar 157 orang yang di terima 103 orang,lalu kami perpanjang gelombang II sampai tanggal 22 agustus,serta proses ospekmaru,”jelas Rumahuru.

Pilihan studi di sejumlah Perguruan Tinggi ikut mempengaruhi pilihan masyarakat,sebab di beberapa Kabupaten sudah ada perguruan tinggi sendiri.Kebanyakan mahasiswa IAKN berasal dari MTB dan MBD,sedangkan ada di buka kelas jarak jauh (PDD) itu yang mempengaruhi penerimaan mahasiswa baru

Untuk itu kami telah menyurati ke sekolah-sekolah dan ke institusi Gereja,seperti itu yang dilakukan,kami tetap optimis ,”memang kami mengevaluasi,ternyata pengumuman menggunakan baleho dan fase to fase tidak efektif maka kami gunakan online dan ofline itu,”tandasnya.(Aris Wuarbanaran)

Check Also

Sebanyak 396 Sekolah Menengah Atas Di Maluku Ikut UN Wajib Gunakan Komputer

AMBON,N25NEWS.com-Sebanyak 396 sekolah menengah atas dari SMA dan SMK yang akan mengikuti Ujian Nasional (UN) …