Breaking News

Minta Polres Usut Pemotongan Dana Desa Pemkab Buru 2017, AMMJ Ancaman Demo Di KPK

NAMLEA,N25NEWS.COM – Anggaran Dana Desa yang dikucurkan oleh Pemerintah Pusat, dengan tujuan mewujudkan peningkatan ekonomi Desa, melalui kucuran Anggaran Dana Desa ,Pemerintah menargetkan untuk mendorong percepatan pertumbuhan serta pemerataan ekonomi Desa.

Anggaran ini pada dasarnya diberikan oleh Pemerintah Pusat melalui alokasi khusus APBN yang bertujuan untuk pemerataan pembangunan antara Desa dan Kota sehingga tidak lagi muncul kesenjangan antara keduanya.

Untuk memperkuat landasan hukum kucuran dana tersebut, maka telah ada UU No 6 Tahun 2014 tentang Desa, dimana melalui Undang-Undang ini Pemerintah Kabupaten dan Desa telah diberikan kewenangan yang lebih besar untuk melakukan perencanaan dan pelaksanaan keuangan Desa dalam pembangunan.

Tetapi yang terjadi di Kabupaten Buru, malah sebaliknya dimana terjadi pemotongan dana Anggaran Dana Desa(DD ) Tahun 2017 bernilai ratusan juta hingga kini belum diusut.
Karena itu Ketua Aliansi Mahasiswa Maluku Jakarta(AMMJ), Muhammad Saleh Karepesina meminta aparatur Kepolisian setempat yakni Polres Buru agar segera mengusut dugaan korupsi yang penyelewengan DD tersebut.

Menurut Karepesina, lewat rilisnya yang dikirim ke media ini pada, Senin, (8/4) Pemerintah Daerah Kabupaten Buru harus bertanggung jawab atas penyelewengan Dana yang merugikan Masyarakat Desa tersebut,

“Bupati Buru, Ramly Umasugi harus bertanggung jawab atas penyelewengan Dana tersebut ,untuk itu, Kami minta dengan hormat pihak Penegak Hukum setempat dalam hal ini Polres Buru,. agar secepatnya menuntaskan persoalan ini sebagai pemenuhan supremasi hukum”ungkap Karepesina.

Menurut Karepesina, Dana yang dialokasikan itu tidak sesuai mekanismenya, pasalnya dana yang dipotong telah mencapai angkat yang fantastis yakni hampir mencapai 50 persen dari anggaran yg digelontorkan, Dana seharusnya diberikan untuk membangun kesejahteraan dan pembangunan Masyarakat di Kabupaten Buru kini raib tanpa dapat ditelusuri alirannya, karena itu menjadi PR bagi Penegak Hukum untuk menuntaskan persoalan ini.

Karepesina mengecam jika Persoalan ini tidak dituntaskan segera maka Aliansi Mahasiswa Maluku Jakarta(AMMJ ) akan menggelar demonstrasi yang kedua kalinya di Gedung Komite Pemberantasan Korupsi (KPK)di Jakarta.

Reporter :  Nicko Kastanja

Editor : Redaksi

About admin

Check Also

Caleg Partai Berkarya SBB Tipu Warga Kusu-Kusu

AMBON,N25NEWS.COM-Salah seorang Calon Legislatif (Caleg) dari Partai Berkarya yang berinisial AH (44) tega menipu salah …