Mochtar,Alfa Midi Dan Indomaret Dinilai Dapat Mematikan Usaha Kecil Di Kota Ambon

AMBON,N25NEWS.com-Keberadaan swalayan Alfa Midi dan  Indomaret di berbagai tempat di kota Ambon menyebabkan perekonomian pedagang kecil tidak bisa berkembang,bahkan dinilai mematikan usaha kecil yang berada di sekitarnya.

Hal tersebut dikatakan anggota DPRD Kota Ambon pada Komisi III Gunawan Mochtar kepada awak media di kantor DPRD Kota di kawasan Belakang Soya Kota Ambon,selasa (9/6).

Lebih lanjut Mochtar mengatakan kelahiran Alfa Midi dan Indomaret diberbagai daerah telah menjadi ciri perkotaan dan gaya hidup.Namun itu tadi,kehadirannya ada yang bisa menerima karena pelayanannya berkualitas,tapi ada yang tidak mematikan usaha kecil.Alfa Midi dan Indomaret kini telah menjelma menjadi raksasa.

“Seperti yang telah disampaikan bangunan Alfa Midi dan Indomaret yang dimulai dari lokasi Kebun Cengkeh sampai Stain hanya berjumlah empat unit,akan tetapi saat ini saja sudah ada sembilan unit.Sesuai pantauan saya dilapangan bukan hanya sembilan,namun lebih dari jumlah itu,belum lagi yang ada di Ahuru,”ungkap politisi PKB ini.

Dijelaskan Mochtar lagi,pemerintah kota Ambon selaku pembuat kebijakan,maka hal ini sudah tidak sesuai dengan peraturan yang dibuat oleh Pemkot sendiri atau kesepakatan.Karena setiap orang yang ingin membangun namun izinnya sangat sulit,hal ini sangat ironis,mengapa sebab Alfa Midi dan Indomaret sangat muda mendapat izin.

Sementara itu,terkait adanya kongkalikong antara pihak Alfa Midi,Indomaret dengan Desperindag Kota,Gunawan mengakui masyarakat bisa menilai sendiri dan ini bukan dalam konteks Desperindag akan mencabut izin atau kehadiran dua swalayan ini mematikan usaha kecil,namun masyarakat harus berpikir bahwa 15 sampai 20 tahun mendatang perekonomian di kota Ambon ini akan dikuasai oleh para cukong.

Seangkan kalau mengenai izin pembangunan,mereka (pengusaha Alfa Midi dan Idomaret) menggunakan strategi,kadang rumah warga dialih fungsikan sebagai IMB.

“Untuk itu,saya berharap pemerintah kota Ambon harus jeli menyikapi strategi mereka.Namun sekarang,Walikota dan Desperindag haruslah berpikir lebih untuk kepentingan masyarakat dan generasi kita kedepan.Jangan mempermudah berikan izin-izin usaha waralaba yang memiliki modal besar yang dapat mematikan usaha kecil di kota Ambon,”tandas Mochtar.

Reporter       : M Nurlette

Editor           : Aris Wuarbanaran

Check Also

Pegadaian Akan Luncurkan “Gadai Peduli” Dengan Bunga Nol Persen

AMBON,N25NEWS.com -Ditengah kcsulitan ekonomi masyarakat akibat pandeme Covid-19. Perusahan plat merah PT Pegadaian (Persero) yang …