Home / Kota Ambon / Motor Penggerak Kapal Ikan Rusak Parah
(Kunjungan Komisi III, DPRD kota Ambon Ke Pusat Penghasil Ikan Di Desa Eri Kecamatan Nusaniwe)

Motor Penggerak Kapal Ikan Rusak Parah

AMBON,N25NEWS.COM – Beberapa fungsi motor penggerak kapal ikan pada PT. Mina Maluku Sejahtera di Desa Erie, Latuhalat, kecamatan  Nusaniwe Ambon kini tak mampu diberdayakan lagi.

Ketidakberdayaan motor penggerak tersebut di buktikan melalui sejumlah alat kelengkapan dalam keadaan rusak sehingga tak dapat di fungsikan kembali.

Oleh sebab itu, Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ambon bersikeras melakukan operasi lapangan guna menindak lanjuti beberapa kerusakan pada lokasi terkait, Rabu (21/02/18).

Disamping melaksanakan tugas dan tanggung jawab di dewan, Komisi III juga memberi solusi terhadap kerusakan alat/motor penggerak tersebut.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun dari Kepala Dinas Perikanan Dan Kelautan Kota Ambon, Steve B Patty, beberapa alat kelengkapan pada pelabuhan ikan ini memang sudah harus diganti semua dan direnovasi karena rusak fatal.

“Katakanlah Seperti kerusakan blood. Nah, dalam blood bisa dipakai kalau ada slip way. Dan itu sudah di buat rencana reviewsnya,” pungkas Patty.

Lanjutnya, slip way termasuk retribusi anggaran tahun 2016. Setelah di cek, slip way ternyata tak bisa di pakai lagi, oleh karena pokok masalah nya ada pada wings/ alat penarik kapal. Wings ini masih bisa ditarik tetapi tak bisa diturunkan.

” Memang retribusi untuk renovasi wings nya sudah ada dan telah dianggarkan ditahun 2017. Akan tetapi, anggaran tersebut sementara di pakai renovasi slip way. Untuk itu soal pengadaan mesin gensetnya oke. tapi wings yang dikirim tidak sesuai dengan kebutuhan Speed. Parahnya lagi wings yang dikirim itu barang bekas,” paparnya.

“Selain wings, masalah lainnya juga terdapat pada pabrik es dimana daya yang seharusnya mencapai standar ini malah dayanya berkurang. Seharusnya daya yang dibutuhkan pabrik es ini 85 KPA. Tapi yang kita punya sekarang hanya 23 KPA saja. Ini juga menjadi masalah dalam produksi ikan kita nantinya,” lanjutnya.

Untuk itu, oleh Ketua Komisi III, Yusup Wali dikatakan pihaknya akan segera berkoordinasi dengan beberapa instansi  terkait pada beberapa kerusakan yang terjadi pada motor penggerak kapal tersebut dan secepatnya akan dilakukan penanganan untuk itu. (Amy Latuny)

About admin

Check Also

Pemkot Gelar FGD Pantahelix

AMBON,N25NEWS.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui Dinas Pariwisata Kota Ambon menggelar Forum Group Discusion …