Breaking News
Kakanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku Fesal Musaad. S.Pd, M.Pd y

MTs Al Hidayah Resmi Jadi MTs Negeri 6 Liang

LIANG,N25NEWS.COM -Setelah terbentuk 32 tahun tepatnya pada 1987 dibawa yayasan Al Hidayat Liang, dengan nama MTs Al Hidayat Liang kini resmi di negerikan menjadi MTs Negeri 6 Maluku Tengah (Malteng) Negeri Liang Kecamatan Salahutu.

Proses pengnegerian ditandai dengan penekanan tombol serine, oleh Kakanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku Fesal Musaad. S.Pd, M.Pd yang dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti, ini berlangsung dilapangan upacara MTs Negeri Liang, Selasa(19/2/2019).

Kabid Pendidikan Madrasah (Penmad) Kanwil Kemenag Maluku Hanafi Rumatiga dalam arahan singkatnya mengatakan, proses pengnegerian madrasah merupakan sebuah langkah strategis dalam rangka untuk meningkatkan pendidikan di madrasah.

Dimana pada tahun 2006, merupakan tahun terakhir pengnegerian madradah di Provinsi Maluku, dibawa dorongan Kabid Mapenda Fesal Musaad yang kini menjabat Kakanwil Kemenag Maluku sehingga kurang lebih 12 tahun dan ditahun 2018 dibawa pimpinan Musaad terdapat lima dari 54 madrasah seIndonesia yang dinegerikan di Maluku.

“Semua itu melalui proses yang cukup panjang, lantaran ada berbagai persyatan yang harus dipenuhi untuk dijadikan madradah negeri namun yang paling terpenting adalah memiliki sertifikat atas nama Kanwil Kemenah,”ungkapnya.

Dikatakan, bahwa dengan pengnegerian selanjutnya untuk bertanggung jawab penuh terhadap kelangsungan madrasah tersebut akan menjadi tanggung jawab penuh adalah Kanwil Kemenag Maluku, dalam hal memberikan fasilitas yang akan menjadi kebutuhan kelangsungan madrasah dari waktu-kewaktu.

“Berdasarkan petunjuk pak Kakanwil, kami diminta untuk mengidentifikasi seluruh guru-guru pada madrasah tetangga untuk dikeluarkan SKnya, untuk nantinya ditempatkan MTs Negeri 6 Malteng, sehingga hasil koordinasi terdapat guru, KTU dan pegawai yang akan ditempati di madrasah tersebut,”bebernya.

Bahkan dengan sertifikat yang ada telah direncanakan ditahun 2020 akan dibangun seluruh fasilitas berupa, gedung kelas, laboratorium, perpustakaan dan lain-lainya yang akan disedikan Kemenag RI melalui anggaran  Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

Sementara itu Kakanwil Kemenag Maluku dalam arahan singkatnya mengatakan, pengnegerian MTs Negeri 6 Malteng berdasarkan SK Menag nomor 731 tahun 2018, semoga momentum ini dapt membawa keberkahan, membawa manfaat, membawa kesahalamatan bagi umat dan bangsa.

Baca juga :   Gubernur Tetapkan Kuota Haji Tambahan Tahun 2019

Melalui mumentum ini juga dijadikan sebagai ajang silatuhrahmi dan dapat kembali menghubungkan yang terputus, serta mengatasi masalah secara bersama-sama dalam mencari solusi untuk sama-sama memahami  dalam konteks membangun umat,.membangun bangsa dan negara, khususnya membangun Provinsi Maluku.

Didepan tokoh muda dan adat Negeri Liang Masaad mengatakan, Negeri Liang selalu ada dihati institusi  Kemenag seluruh Indonesia yang didasari adanya dukungan warga Negeri Liang atas suksesnya pelaksanaan Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional (PPMN) ke-2 yang berlangsung sukses, aman dan lancar.

“Sampai-sampai kata Sekjen Kemenag? yang sampaikan pasa saya, ketika pada  pembukaan PPMN ke-3 di Bangka Belitung, bahwa belum ada event PPMN di Indonesia yang melebihi PPMN di pantai Liang, bahkan sampai saat ini diselurih Provinsi di Indonesia yang mampu bersaing dengan PPMN Liang, beliu bangga selali disini, itu karena apa adanya dukungan seluruh elemen yang ada di Liang sini,”bangganya.

Bahkan warga Liang juga dianggap sebagai warga yang religius dan mencintai pendidikan, itu dibuktikan dengan melahirkan madrasah dan pondok pesantren.

Dikatakan pendidikan merupakan inventasi masa depan yang akan melahirkan generasi penurus bangsa khususnya yang ada di Negeri Liang.

Mengakhiri arahannya Musaad berharap  dengan resminya MTs Al Hidayat dinegerikan, agar institusi madrasah tersebut dapat menjadi unggul di Negeri Liang, menjadi senter  of silen dan menjadi rahim yang dapat melahirkan generasi baru, bagi kebangga kita semua yang ada disini dan masa depan.

Exsistensi madrasah selain membangun insan cerdik juga sebagai benteng pertahanan virus narkoba, miras dan sex bebas yang dapat merusak generasi anak bangsa.

Penulis : Gali M

Editor  : Redaksi

About admin

Check Also

Gubernur Hadiri Malam Nuzulul Qur’an Kemenag Maluku

AMBON,N25NEWS.COM – Gubernur Maluku Irjen Pol Purnawirawan Drs Murad Ismail berkenang menghadiri peringati malam Nuzul …