Breaking News

Mulai 3 Mei 2019,Pelayanan JKN-KIS Di RSUD Dr.Haulussy Ambon Di Hentikan

AMBON,N25NEWS.COM – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Ambon menghentikan sementara kerjasama pelayanan JKN-KIS di RSUD Dr.Haulussy Ambon mulai 3 Mei 2019,penghentian pelayanan ini,berkaitan dengan habisnya masa akreditasi RSUD Dr.Haulussy Ambon.

Hal ini di kemukakan dr.Andi Muhammad Dahrul Muluk Kabid Penjamin Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Ambon  dalam jumpa pers di lantai II Kantor BPJS Kesehatan Cabang Ambon kamis(02/05/2019).

“Penghentian kerjasama dengan RSUD Dr.Haulussy Ambon ini berkaitan dengan regulasi,kalau tidak terakreditasi kami secara regulasi salah kalau kita bekerjasama.karena dalam regulasi tersebut di katakan bahwa salah satu persyaratan untuk bekerjasama dengan BPJS Kesehatan harus berstatus akreditasi,”tandas dr.Andi Muhammad Dahrul Muluk.

dr.Muluk berharap agar RSUD Dr.Haulussy Ambon secepatnya memproses akreditasi.karena akreditasi tujuannya adalah untuk melihat sejauh mana mutu pelayaanan kepada masyarakat jadi kalau berbicara tentang mutu pelayanan secara otomatis berbicara tentang kepuasan peserta dalam hal ini peserta JKN-KIS.

“Untuk di ketahui  RSUD dr.M Haulussy terakreditassi selesai di tahun 2017 kemarin jadi seharusnya sebelum akreditasi selesai sudah harus di perpanjang namun sampai hari ini,mereka belum selesai proses akreditasinya,makanya kami menghentikan sementara pelayanan JKN –KIS,”ujar Kabid Penjamin Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Ambon ini.

Selain itu lanjut Dia bahwa penghentian pelayanan JKN-KIS ini sampai menunggu keputusan dari komite akreditasi rumah sakit (KARS) atau ada surat dari kementerian Kesehatan bahwa untuk rumah sakit yang statusnya habis masa akreditasinya  masih bisa bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Baca juga :   Menkes RI,Remi Memberi Nama RSUP Ambon Menjadi RSUP dr,J.Laimena

Namun demikian BPJS Kesehatan Cabang Ambon tidak melepas persoalan tersebut begitu saja,menurut dr. Muluk pihk BPJS Kesehatan senantiasa melakukan koordinasi baik itu dengan pihak rumah sakit yang aktreditasinya habis masa berlakunya,organisasi persatuan rumah sakit maupun Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Kesehatan Provinsi Maluku untuk mengingatkan RSUD Dr.Haulussy Ambon untuk segera terakreditasi.

Selain RSUD Dr.Haulussy Ambon yang di hentikan kerjasama pelayanan JKN-KIS ada 2 Rumah Sakit yang masa aktrditasinya habis yaitu RSUD dr.H.Ishak Umarella Tulehu dan RS.Hati Kudus Langgur sementara rumah sakit yang belum terakreditasi dan juga di hentikan pelayanan JKN-KIS juga yaitu RS.Saparua,RS.Cendrawasi Dobo, RS Tiakur,RS.Namrole dan RS.Banda.

“Sementara itu  update dari RS.Saparua, RS.Cendrawasi Dobo dan RS.Tiakur sementara berproses dan dalam bulan Mei 2019 INI akan keluar akreditasinya,” ungkap dr.Andi Muhammad Dahrul Muluk Kabid Penjamin Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Ambon.

Diapun berharap agar delapan  rumah sakit tersebut dapat segera  terakreditasi sehingga  pelayanan kesehatan yang di dapat oleh masyarakat khusunya peserta JKN-KIS bisa sesuai dengan yang di harapkan.

Editor :Redaksi

About admin

Check Also

Buka Kegiatan Advokasi Program KKBPK,Plt Kepala BKKBN Perwakilan Maluku Minta IBI Se-Maluku,LSM,TNI Dan Jurnalis Perbanyak Dan Tingkatkan Advokasi Program KKBPK

AMBON,N25NEWS.COM-Plt Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku Dra.Renta Rego mengharapkan semua pihak termasuk IBI Se-Provinsi Maluku,LSM,TNI …

×

N25NEWS.com