Gubernur Maluku Murad Ismail

Murad Bereaksi Keras,Minta Menteri Susi Segera Jadikan Maluku Lumbung Ikan Nasional

AMBON,N25NEWS.com-Gubernur Maluku,Irjen Pol.Drs Murad Ismail bereaksi keras dan mempertanyakan sikap Menteri Kelautan dan Perikanan RI,Susi Pudjiastuti yang menjanjikan Lumbung Ikan Nasional (LIN) yang masih belum  ditepati sejak 2010 dalam bentuk regulasi dan program kebijakan.

Hal ini dikatakan Gubernur Maluku saat berada di  acara Sinoda III Keuskupan Amboina tahun 2019 di Gonzalo Kopertis Ambon rabu (11/9/2019).

Menurut Gubernur,Menteri Susi telah berjanji akan membantu Maluku memperoleh Rp.1 triliun,sebagai implementasi dari program LIN dalam membangun industri perikanan di Maluku.

“Ibu Susi kan janji buat kita untuk menggelontorkan 1 triliun per tahun,janji ini kan sudah dari tahun 2014 sampai sekarang belum terealisasi,jadi kalau ibu Susi bicara maunya saya apa,silakan tanya ibu Susi sudah berapa banyak ikan yang sudah siambil di  punya laut kita,” ungkap Murad.

Parahnya lagi,kata mantan Komandan Korps Brimob RI ini,draf Perpres (Peraturan Presiden) tetang LIN yang seharusnya telah diatas meja Presiden pada 2 tahun lalu,tapi hingga kini belum diparaf (persetujuan) dari Menteri Susi,anehnya LIN tersebut telah masuk dalam Renstra KKP tahun 2015-2019.

Baca juga :   Sekretaris KPU Buru , informasi Kehilangan Uang 50 juta di Mejanya tahun 2019 Hoax

“Ibu Susi harus paraf,kalau dia tidak tuli,atau pura-pura tuli,tapi dia pasti paraf,sebab sudah berapa banyak yang dia ambil kita punya ikan,”tegas Murad.

Gubernur sangat menyayangkan hal ini,sebab selama ini regulasi dan kebijakan dari sektor perikanan sangat merugikan Maluku dimana siatem bagi hasil (DBH) sebagai daerah pengahasil sementara perizinan serta regulasinya yang mengatur retribusi daerah,tetapi ironisnya tiap tahun triliunan rupiah diambil dari Malulu,sedangkan DBH dari sektor perikanan tidak sampai Rp.11 milyar,dimana kabupaten/kota hanya peroleh Rp.983 juta.

“Tetapi masih yakin,seyakin-yakinnya tidak lama lagi Lumbung Ikan Nasional atau LIN akan keluar,sebab itu,mudah-mudahan Ibu Susi tidak tuli,jadi pertanyaannya terhadap saya terkait maunya saya apa ? itu salah alamat,”tandas mantan Kapolda Maluku ini.

Check Also

Kosgoro Kota Ambon Siap Gelar  Musda

AMBON,N25NEWS.com-Pengurus Dewan Kolektif (PDK) Kosgoro 1957 Kota Ambon siap menggelar Musyawarah Daerah (Musda) guna memilih …