Musaad : STQ Harus Jadi Momentum Pererat Ukhua Islamiah

AMBON,N25NEWS.COM – Kementerian Agaman(Kemenag) Maluku Fesal Musaad menegaskan melaui pelaksanaan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) terbatas tingkat Provinsi Maluku harus bisa dijadikan sebagai momentum untuk mempererat ukhua Islamia.

Selain itu juga STQ memiliki peran penting dan strategis, baik dalam fungsinya untuk menjabarkan, mengembangkan serta
mengimplementasikan pokok–pokok
ajaran keagamaan yang fundamental
dan hakiki dalam isi Al-Qur’an yang diikuti dengan hadist dan sunnah rasulullah SAW.

Untuk dijadikan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dan menjadi pedoman hidup umat Islam maupun dalam fungsinya untuk melakukan pembinaan dan men-
dorong umat, agar memiliki pemahaman kesadaran serta tanggung jawab dalam
pelaksanaan tuntunan agama didalam kehidupan pribadi maupun kehidupan sosialkemasyarakatan.Demikian hal ini disampaikan Kakanwil Kemenag Maluku dalam sambutan tertulis pembukaan STQ Terbatas tingkat provinsi yang dibacakan Kabag TU Kanwil Kemenag Maluku yang berlangsung di Gedung Islamic Center, Rabu(30/4/2019).

Lewat momentum STQ selaku Kakanwil Kemenag Musaad menyambut baik dengan penuh rasa syukur bahagia serta menyampaikan apresiasi penghargaan yang setinggi-tingginya atas terlaksananya STQ tingkat propinsi.
Dimana ditengah situasi kehidupan kebangsaan dan keagamaan dalam masyarakat kita sedang mengalami gelombang perubahan dan menghadapi tantangan di berbagai bidang, di tengah upaya kita memperkokoh pemahaman terhadap upaya pemahaman moderasi beragama, pluralisme dan multikulturalisme.

Dikatakan, pelaksanaan STQ maupun MTQ , bisa menjadi catatan untuk itu keepan kita tidak hanya dituntun untuk melaksanakan event.tapi lebih dari itu kita memperhatikan pengamalan ajaran Al Qur’an yang terimplementasi dalam kehidupan masyarakat beragama.
Dimana beragama adalah memanusiakan manusia dan menghadirkan perdamaian di muka bumi yan mana kita tahu semua agama mengajarkan kepada pemeluknya tentang semangat cinta kasih,perdamaian dan kerukunan.
Maka dari itu sesungguhnya konflik
yang mengatas-namakan agama, sama
sekali berada diluar semangat keilahian (ketuhanan) masing-masing agama.
Islam adalah agama perdamaian. pesan-pesan persaudaraan atas nama cinta dan kemanusiaan begitu jelas terekam dalam kitab suci Alqur’an.

Baca juga :   Kepsek SMA Wuarlabobar KKT,Angka Kelulusan Anjlok Akibat Kurangnya Tenga Guru

Persaudaraan meniscayakan adanya
kepedulian, tolong-menolong (at-
ta’awun), dan perdamaian. karena itu,
Islam sangat menganjurkan agar
umatnya mempererat tali ukhuwah
sekaligus juga menebarkan kebaikan
kepada umat lain dengan penuh kasih
sayang.

Membangun persaudaraan merupakan suatu kewajiban, persaudaraan dengan siapa pun saja. karena dengan
begitu, kita bisa saling menasehati, tentunya dalam hal kebajikan.
Hadis nabi yang menyatakan bahwa tidak
sempurna iman seseorang sebelum ia
mencintai orang lain sebagaimana ia
mencintai dirinya sendiri, adalah ajaran yang mensyaratkan adanya persaudaraan. Hal itu dikarenakan idak mungkin mencintai orang lain jika dalam hati tak ada spirit persaudaraan. dan persaudaraan dibangun salah satunya
melalui cinta dan kasih sayang.
Dimana interaksi sosial antar umat
beragama di provinsi Maluku sejauh
ini menunjukan tren positif. keberhasilan masyarakat, Maluku bangkit dari konflik, menjadikan maluku sebagai contoh studi pembangunan kerukunan umat beragama di dunia. beberapa provinsi dan negara tentangga datang untuk mempelajari
resep kerukunan di provinsi Maluku.
Bahkan Maluku kini ditetapkan sebagai salah satu provinsi yang paling rukun di Indonesia, dan kota ambon ditetapkan sebagai kota harmonis tahun 2019 dan mendapat penghargaan dari pemerintah pusat melalui Kemenag RI di HAB ke-73 Kemenagbtahun 2019.

Terlepas dari kesadaran dan ketahanan masyarakat Maluku yang tidak mudah terpengaruh dari berbagai isu perpecahan , keberhasilan pembangunan kerukunan umat beragama juga tidak terelepas dari peran serta dan kerja sama yang baik antara pemerintah provinsi Maluku, pemerintah daerah, pihak Polri dan TNI yang berusaha menjaga ketertiban masyarakat di seluruh pelosok negeri yang kita cintai bersama.

Reporter : Gali M

Editor : Redaksi

About admin

Check Also

Nyaris Penjabat Tengah-Tengah Bohongin Pengungsi  Gempa M 6,8

AMBON,N25NEWS.com – Diketahui, lewat posko induk PT Wijaya karya (WIKA), BUMN, telah menyalurkan bantuan untuk …

×

N25NEWS.com