Breaking News

Museum Siwalima Ambon Gelar Pameran Temporer Sejarah Perjuangan Bangsa

AMBON,N25NEWS.com-Mengetahui dan memahami akan sejarah perjuangan bangsa bisa menjadi inspirasi untuk memperkuat karakter bangsa masyarakat dan para pelajar,melalui benda-benda besejarah tengang Indonesia dan Maluku,sebagai daerah penghasil rempah-rempah,dalam rangka menanamkan sejarah pada generasi muda dapat tercapai.

Hal ini disampaikan Kepala Museum Siwalima Provinsi Maluku,Jean Esther Saiya,pada acara pembukaan pembukaan pameran temporer sejarah perjuangan bangsa,dalam rangka memperingati HUT RI dan HUT Provinsi Maluku yang ke-74,yang berlangsung di Museum Siwalima kawasan Air Salobar Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon,senin (26/8/2019).

“Tujuan kita menggelar kegiatan pameran temporer sejarah perjuangan bangsa,adalah untuk memperingati HUT RI dan HUT Provinsi Maluku yang ke-74?maka kita memikirkan untuk menyelenggarakan pameran temporer kepada peserta didik,”ungkapnya.

Selain itu,menurutnya disamping kegiatan pameran temporer sejarah perjuangan bangsa ini bagi para pelajar,tetapi jug sebagai bahan evaluasi untuk pihaknya membuka diri pada koreksi-koreksi dengan keterbatasan dan kelemahan pada Museum Siwalima.

“Dalam kegiatan pameran temporer sejarah perjuangan bangsa ini,maka kami mengadakan lomba pidato tingkat SMA/SMK,MA dan juga lomba permainan tradisional tarompa untuk siswa SD dan Madrasah Iktiah,”jelas Saiya.

Adapun tujuan dari pada lomba tersebut,adalah suatu langkah tepat guna memberi sebuah pembelajaran penting kepada anak-anak agar dikemudian hari akan menjadi orator-orator ulung seperti Presiden Soekarno yang merupakan orator hebat dimasanya.

Jelasnya,bukan saja orator ulung,hebat dan bersemangat,tetapi melalui kegiatan ini,mereka (anak-anak) diharapkan dapat mengaplikasikan perjuangan para pejuang bangsa lewat tanggung jawab mereka guna mengisi kemerdekaan.

Sementara itu,pada lomba tarompa,juga memiliki tujuan yakni mengajarkan kepada anak isia dini,untuk saling mendukung,menopan dan saling mengutkan,sebab sudah barang tentu akan tercipta sebuah kerjasama yang sangat berguna bagi mental dan karakter anak-anak,sehingga mereka akan fokus satu dengan lainya.

“Karenanya,dengan cara ini kita telah membekali anak sejak usia dini untuk menghargai jasa para pahlawan dengan saling mendukung,menghargai dan menopang,maka tentu mereka akan bisa mencapai generasi emas Indonesia atau generasi Maluku yang cerdas saat ini,” katanya.

Sementara itu,diketahui acara pameran ini akan berlangsung selama 5 hari.Sedangkan pada pameran ini akan menampilkan beberapa data sejarah mulai dari terkenalnya buah cengkeh dan pala,kemudian masuknya penjajah,perlawanan kedaerahan,kebangkitan nasional dan masuknya Jepang,dengan proklamasi serta upaya-upaya untuk kemerdekaan.

Reporter : Aris Wuarbanaran
Editor : Redaksi

About admin

Check Also

Jean Metekohi Siswi SMP Negeri 6 Ambon Juara Nyanyi Solo Tingkat Provinsi Maluku

AMBON,N25NEWS.com -SMP Negeri 6 Ambon kembali menoreh prestasi demi prestasi tingkat Kota Ambon maupun tingkat …