Natal Dan Tahun Baru Usai,Harga Cabai Di Pasar Ambon Mulai Turun

AMBON,N25NEWS.com-Harga cabai pada pasar tradisional di Kota Ambon mulai turun secara bertahap,usai Natal dan Tahun Baru,setelah sempat bertahan pada harga tinggi.

“Harga cabai setelah Natal dan Tahun Baru mulai sedikit turun jika dibandingkan sebelum Natal dan Tahun Baru,”kata Darwin salah seorang pedangang di pasar Mardika Ambon,rabu (8/1/2020).

Menurutnya,harga cabai di pasaran masih tidak stabil,karena kenaikan dan penurunan harga masih tidak dapat diprediksi.

“Harga cabai saat ini untuk cabai merah biasa Rp.30.000 per kilogram,cabai merah keriting Rp.15.000 per kg dan untuk cabai rawit merah Rp.28.000 per kg,akan tetapi mungkin bisa naik lagi tergantung pasokan,”ujarnya.

Adapun,turunnya harga cabai yang semua berkisar Rp.80.000 hingga Rp.100.000 per kg dan kalaupun turun hanya Rp.28.000 per kg (khusus cabai rawit merah) terjadi karena ada pasokan yang masuk lancar dari sentra produksi dan ketersediaan stok yang cukup.

“Harga cabai sudah turun dan lebih khusus cabai rawit merah karena pasokan yang masuk dari Namlea dan Seram ke Ambon setelah Natal dan Tahun Baru,”kata Ima pedagang lain di pasar Batu Merah.

Menurutnya,para pedagang sedikit terbantu dengan adanya penambahan stok cabai dari Namlea dan Seram,dengan begitu pedagang tidak ketakutan akan kehabisan stok cabai untuk konsumen.

Meskipun harga cabai mengalami sedikit penurunan sejumlah konsumen masih menganggap harga di pasara masih cukup tinggi,karena karga normal cabai berkisar Rp.25.000 per kg.

“Biasanya saya membeli cabai di pasar berkisar Rp.25.000 per kg hingga harga tertinggi Rp.30.000 per kg,jadi merurut saya cabai saat ini meskipun turun,tapi masih terbilang tinggi bagi konsumen yang rata-rata ibu-ibu rumah tangga,”Ima.

Untuk itu,ia berharap dengan adanya penurunan harga secara bertahap ini,dapat bertahan dan setidaknya telah membantu konsumen dan semoga harga cabai ini kembali ke harga normal seperti sediakala.

Reporter : Aris W
Editor : Redaksi

Check Also

KPP Pratama Ambon Dan Kanwil DJP Papua-Maluku Gelar Pekan Panutan Pajak

AMBON,N25NEWS.com-Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Ambon dan Kanwil DJP Papua dan Maluku,menggelar acara Panutan Pajak,yang …