Nilai Ekspor Komoditi Laut Maluku Pada Bulan Juli 2019 Mencapai 7,3 Juta US Dolar

AMBON,N25NEWS.COM-Nilai ekspor langsung komoditi hasil laut dari Ambon,hingga minggu ke tiga bulan Juli 2019 ,melalui bandara Pattimura dan Pelabuhan Ambon mencapai 7,3 juta US Dollar,sedangkan nilai ekspor langsung Maluku pada tahun 2018 sebesar 10,8 juta Dollar Amerika.

” Peningkatan jauh sekali dibanding tahun lalu,baru bulan ketujuh tahun ini nilai ekspornya sudah 7,3 atau 7,6 US Dollar” ungkap kadis perindag Maluku ,Elvis Pattiselano kepada awak media di sela-sela kegiatan ekspor perdana Tuna ekor kuning beku oleh CV Sumber Harta Laut Mas di pelabuhan Ambon,Selasa(30/7/2019).

Adapun,untuk jumlah eksportir hasil laut dari daerah ini jumlahnya sekarang bertambah menjadi tujuh eksportir.CV Sumber Harta Laut Mas melakukan ekspor tuna ikan kuning ini sebanyak 25 ton dengan negara tujuan eskpornya adalah Thailand menggunakan kapal laut dengan nilai 55 ribu US Dollar yang setara Rp 781 juta.

” Sebelumny,negara- negara tujuan ekspor hasil laut berupa ikan tuna itu,Amerika,Jepang, Australia,Malaysia,Singapura ,kalau yang segar (Fresh) terbanyak Jepang sedangkan beku terbanyak Amerika” katanya.

Baca juga :   Harga Bawang Naik Akibat Tingginya Permintaan

Ditempat yang sama,Asisten III Setda Maluku bidang perekonomian dan pembangunan,Kasrul selang berharap agar eksportir baru ini bisa terus melakukan kegiatan seperti ini langsung dari Ambon.

Sedangkan Kakanwil bea cukai Maluku ,Finari Manan pada kesempatan itu mnyampikan,kegiatan ekspor perdana CV  Sumber Harta Laut Mas mnjadi moment bagus untuk memperlihatkan kepada investor,terkait kinerja tim percepatan ekspor Maluku bersinergi dalam memberikan fasilitas dan kemudahan dari sisi prosedur hingga proses izin sehingga para eksportir maupun investor merasa nyaman dalam melakukan kegiatan ekspor langsung dari Ambon.

” Kami berharap akan muncul eskportir baru ,bukan hanya pada pada ekspor sumber daya laut ,tapi juga pada sumber daya alam lainnya” pungkasnya.

Reperter            : Aris Wuarebanaran

Editor                : Redaksi

Check Also

Natal Dan Tahun Baru Usai,Harga Cabai Di Pasar Ambon Mulai Turun

AMBON,N25NEWS.com-Harga cabai pada pasar tradisional di Kota Ambon mulai turun secara bertahap,usai Natal dan Tahun …