NTT Klaim 5 Persen Jatah Blok Masela,Wagub Maluku Minta Jangan Menanggapinya

AMBON,N25NEWS.com-Wakil Gubernur Maluku,Drs.Barnabas Nathanel Orno mengatakan,Maluku janganlah menanggapi secara berlebihan pernyataan Gu­bernur NTT Viktor Laiskodat yang mengklaim akan men­dapatkan 5 persen dari 10 persen PI yang  merupakan jatah Maluku.

“Pernyataan Viktor Laiskodat Gubernur NTT,kita tidak usah terlalu menanggapinya secara berlebihan,yang pasti Blok Masela kita tau adalah milik Maluku,”ungkap Wagub kepada awak media ketika membuka acara Workshop Hulu Migas,dengan Peran Pemerintah Daerah Dalam Kegiatan Usaha Hulu Migas yang berlangsung di Hotel Santika Premire Ambon,kamis (31/10).

Menurut,Wagub dirinya tidak mempersalahkan pernyataan gubernur NTT,tetapi Wagub sesalkan adalah kebijakan pemerintah pusat yang mengatakan Presiden telah menyetujui klaim dari pada gubernur Viktor Laiskodat yang mendapat jatah 5 persen dari PI 10 persen Blok Masela.

“Silakan berikan 5 persen kepada NTT,tapi jangan dari PI 10 persen yang merupakan jatah dan sudah dijanjikan sejak lama kepada kita di Maluku,”tegas mantan Bupati Maluku Barat Daya (MBD) ini.

Baca juga :   Pangdam,TNI-Polri Siap Kawal Program Pemerintah

Lebih lanjut Wagub menandaskan,Permen 37 tahun 2016 yang mengatakan 4 mil laut adalah kewenangan daerah sedangkan 12 mil laut adalah kewenagan pusat,sehingga daerah lain bisa mengklaminya,tetapi perlu diingat Blok Masela adalah milik Maluku semenjak dari leluhur orang Maluku,maka otomatis PI 10 persen Blok Masela adalah harga mati.

“Yang pasti PI 10 Blok Masela telah lama dijanjikan kepada kita,kok tiba-tiba ada pernyataan gubernur Viktor Laiskodat dengan 5 persenya,jadi kita pertanyakan sebenarnya apa kebijakan pemerintah pusat sehingga meloloskan klaim Laiskodat,”tandas Wagub

Reporter      : Aris Wuarbanaran

Editor         : Redaksi

 

 

Check Also

Gustu Covid-19 Provinsi Maluku Kembali Mendapat Sejumlah Bantuan

AMBON,N25NEWS.com-Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan Coronavirus Disease 19 (Covid-19) Provinsi Maluku,kembali mendapat bantuan dari sejunlah …