Home / Ekonomi / OJK Tak Atur, Asal Suku Bunga Perusahan Finance di Maluku Masih Wajar

OJK Tak Atur, Asal Suku Bunga Perusahan Finance di Maluku Masih Wajar

AMBON,N25NEWS.COM – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Maluku melakukan pelaksanaan pengawasan pada sektor pasar modal, perbankan serta industri keuangan non bank di provinsi Maluku.

Terkecuali pada lembaga finance. OJK tidak melakukan secara langsung.

Hal ini diakui oleh Kepala OJK provinsi Maluku, Bambang Hermanto, kepada N25NEWS.COM, Senin (19/02/18) di kota Ambon.

Diakuinya, pihaknya tidak mengawasi lembaga finance secara langsung oleh sebab pusat lembaga finance tersebut berada pada daerah Ibukota.

” Sehingga pengawasan dilakukan secara langsung oleh otoritas jasa keuangan yang yang pusatnya juga berada di daerah Ibukota,” pungkasnya.

Lanjutnya, OJK Maluku hanya menerima aduan masyarakat apabila aduan tersebut berasal dari tiap-tiap daerah. Disitulah OJK hadir.

” Kalaupun seandainya ada masyarakat yang dirugikan akibat mereka bertransaksi ataupun pendekatan dengan lembaga jasa keuangan tersebut, misalkan Koperasi investasi maupun pinjam ataupun lembaga asuransi,” katanya.

Disamping itu, terkait suku bunga kredit entah rendah maupun tinggi, Hermanto mengungkapkan bahwa naik dan turunnya suku bunga tersebut tergantung dari harga pasar saja. Dan OJK tidak mengatur tentang hal demikian serta tak ada batasan untuk itu.

“Asalkan, suku bunganya yang wajarlah. Artinya, suku bunga yang memang terjamin oleh pasar.,” Tandasnya.

Hermanto menambahkan, tidak mungkin satu lembaga keuangan menawarkan jasa dengan suku bunga yang tinggi lalu di giring untuk mengambil kepercayaan kepada masyarakat pengguna jasa keuangan tersebut. Pastinya akan di beri bunga rendah.

“Memang, sejauh ini kita belum menerima laporan tentang lembaga finance dengan suku bunga di batas wajar, akan tetapi kalau misalkan ada masyarakat yang dirugikan, berdasarkan laporannya, maka kita akan segera melapor kepada lembaganya. Melalui penyuratan setelah ini akan kita lakukan komunikasi lanjut untuk menangani aduan masyarakat tersebut,” Himbaunya. (AMY)

 

About admin

Check Also

Telur,Cabe dan Bawang Kompak Turun

AMBON,N25NEWS.COM- Terkendalinya harga bahan pangan tampaknya masih terjadi hingga saat ini.Bahkan beberapa komoditas pangan di …