Home / Pendidikan / Ombudsman Maluku Giat Awasi UN SMA Tingkat Provinsi
Ombudsman RI Perwakilan Maluku Giat Pengawasan Ujian Nasional Pada 4 Kabupaten/Kota di Tingkat Provinsi

Ombudsman Maluku Giat Awasi UN SMA Tingkat Provinsi

AMBON,N25NEWS.COM – Ombudsman RI Perwakilan Maluku giat serta dalam pengawasan pelaksanaan Ujian Nasional SMA tingkat Provinsi Maluku.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Asisten Ombudsman RI Perwakilan Maluku, Oba Noya, Jumat (06/04), kepada N25NEWS.COM, dikatakan bahwa sebanyak 4 Kabupaten/Kota yang pelaksanaan ujiannya bakal di pantau oleh Ombudsman.

“Diantaranya, Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Buru, Kabupaten Seram Bagian Barat dan Kota Ambon. Masing-masing hanya 4 sekolah per Kabupaten/Kota guna memastikan bahwa Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat dan Dinas Pendidikan Provinsi Maluku sebagai representasi pemerintah dalam penyelenggara Ujian Nasional menjalankan pelaksanaan ujian tersebut sesuai peraturan perundang – undangan yang berlaku,” pungkasnya.

“Pengawasan yang dilakukan terkait tugas, dan fungsi dan kewenangannya sesuai pasal 7 undang-undang no 37 tahun 2008 tentang ombudsman republik indonesia, maka salah satu hal yang dilakukan adalah melakukan pengawasan pelayanan publik yang dilakukan pemerintah,” Jelasnya.

Ditambahkannya, Dari hasil pemantauan Ombudsman pada Ujian Nasional di Sekolah Menengah Kejuruan tanggal 2 April-5 April 2018 ditemukan adanya temuan di beberapa sekolah yang pelaksanaannya tidak sesuai dengan Prosedur Oprasional Standar (POS) Penyelenggara Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2017-2018.

“Hasil temuan tersebut langsung kami sampaikan berupa saran kepada kepala sekolah dan ketua panitia ujian agar diperbaiki dan tidak terulang di hari berikutnya,” ucap Noya.

Menutupnya, pihaknya berharap ujian nasional di tingkat SMA/MA yang akan dilaksanakan pada hari senin 9 April-12 April 2018 berjalan dengan baik sesuai dengan POS UN Tahun 2018.
(Amy Latuny)

 

About admin

Check Also

WAWALI Lantik 29 Kepsek Se-Kota Ambon

AMBON,N25NEWS.COM – Wakil Walikota (Wawali), Syarif Hadler melantik 29 Kepala Sekolah (Kepsek) yang antara lain …