Home / Maluku / Ombusdman, tercorengnya dunia pendidikan karena pungli

Ombusdman, tercorengnya dunia pendidikan karena pungli

AMBON,N25NEWS.COM – Sebagaimana informasi yang berkembang di masyarakat, bahwa didapati ada forum pengembangan pendidikan yang meminta uang dari orangtua siswa pada satuan pendidikan dasar, saat ini Ombusdman RI Perwakilan Maluku sedang menyelidikinya.

Kepada N25NEWS.COM, Asisten Bidang Pengawasan Ombudsman Perwakilan Maluku, Harun Wailissa, mengaku, soal pungutan, sumbangan, biaya pendidikan diatur dalam Permendikbud nomor 44 tahun 2012 tentang sumbangan di satuan pendidikan dasar.

“Dalam Permendikbud sudah dijelaskan secara jelas dan diuraikan tentang apa itu sumbangan, pungutan, dan bantuan agar pihak sekolah bisa memakainya dalam tolak ukur. Namun, faktanya di lapangan masih banyak sekolah-sekolah menarik pungutan dari orangtua siswa. Padahal, tujuan dari peraturan tersebut adalah untuk mengatur dan memagari penyelenggara pendidikan agar tidak melakukan hal-hal yang justru memperburuk dunia pendidikan itu sendiri,” ucapnya saat ditemui diruang kerjanya, kemarin.

Harapan pemerintah, lanjut kata dia, menciptakan pendidikan gratis atau pendidikan berbiaya murah sulit tercipta bilamana pihak sekolah melakukan pungutan tanpa berpedoman dengan hukum yang berlaku.

“Dan sangat disesalkan, forum yang notabene mendidik, membina dan mengajarkan siswa biar lebih terdidik. Ini malah membuat sikap yang memalukan mencoreng dunia pendidikan dengan meminta sejumlah uang kepada orangtua siswa. Hal ini, akan kami telesuri secepatnya. Dan kalau terbukti pelanggaran tersebut dilakukan akan dikenakan sanksi sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku dan kami laporkan ke Kadis terkait sehingga jabatannya di copot,” ungkapnya.

About admin

Check Also

Hursepunny : Lokakarya Update Untuk Rencana Kontijensi Gempa Bumi dan Tsunami

AMBON,N25NEWS.COM-Lokakarya untuk mengupdete bencana gempa bumi dan tsunami¬† yang terjadi di Provinsi Maluku,maka rencana kontijensi …