OPD Jembatan Masukan Pemda persiapkan aturan PMDN

AMBON,N25NEWS.COM – Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) memiliki nilai strategis dan signifikan dengan derap pembangunan daerah dalam rangka memberikan masukan bagi pemerintah daerah untuk membangun dan peningkatan investasi serta penyiapan kebijakan dan peraturan di Bidang Penanaman Modal sekaligus menginventarisasi pelaksanaan penanaman modal (PMDN).

Hal ini diakui oleh Staf Ahli Gubernur Maluku Ronny Tairas, Senin (26/03/18) pada Ballroom Everbrigth Hotel.

Diakuinya dalam Rencana Pembangunan Jangka Menegah Daerah (RPJMD) Provinsi Maluku 2014 – 2019 salah satu isu strategis adalah Peningkatan Perbaikan Iklim Investasi yang kondusif yang merupakan factor penting untuk peningkatan investasi di Provinsi Maluku.

Lebih lanjut Tairas mengatakan perlu pembenahan kelembagaan, sumber daya manusia, dan prosedur berinvestasi, transparansi informasi bisnis dan persaingan usaha yang sehat. disamping itu juga untuk mendukung pembangunan ekonomi, peran investasi daerah perlu ditingkatkan melalui perusahan daerah yang sehat dan maju.

“Perkembangan realisasi investasi di Provinsi Maluku pada tahun 2017 sebanyak 26 proyek dengan nilai realisasi  investasi sebesar  Rp.2061.092.000.000, atau sebesar 321.23 persen dari target realisasi investasi ang ditetapkan pada tahun 2017 dan oleh BKPM RI sebesar Rp.900.000.000.000.

Realisasi investasi tersebut sebesar Rp.2.840.175.560.000, dari realisasi PMDN sebesar Rp.50.917.000.000.

“Sehingga, kondisi Maluku pada umumnya telah kembali normal disatu sisi, dan pada sisi lainnya Daerah Maluku memiliki potensi sumber daya alam yang menonjol terutama di Bidang Perikanan, Perkebunan, Pariwisata, Pertambangan dan bidang – bidang lainnya, dan ini yang menjadi tantangan, tantangan menjadi peluang dan dari peluang menjadi keberhasilan,” tutupnya. (Aris Wuarbanaran)

Check Also

Rusdy Ambon Buka Buku Raport PD Pancakarya

AMBON,N25NEWS.com-Setelah hampir satu tahun mengendalikan Perusahaan Daerah (PD) Pancakarya dan menyelesaikan sebagian hutang perusahaan.Direktur Utama …