Padi Hotong Di Buru Dapat Membuka Lahan Baru 300 Hektar

NAMLEA,N25NEWS.com – Hasil Panen Padi Hotong seluas 7 Hektar di kawasan Desa Waeperang, Kecamatan Lilialy, Kabupaten Buru akan di Jadikan Bibit Untuk Dibagi Ke Petani – petani yang punya lahan siap untuk ditanam.


Dan iklim di Buru sangat cocok untuk penanaman hotong dan untuk pengembangan Marketnya Kita sedang koordinasi dengan ketua umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Industri Usaha Mikro Kecil Meneng (IUMKM), Ny Hermawati Setyorinny.

Demikian dikatakan Muhamad Danil Rigan (MDR) Kepada Wartawan dilokasi Panen Raya padi hotong Rabu Kemarin 27/1/2021. Menurutnya, Dari bibit yang ada ini bisa membuka lahan baru padi hotong sekitar 300 hektar.

Dari hasil bibit hotong Kata MDR, apabila para petani yang lahannya sudah tersedia untuk menanam padi hotong dapat menghubungi pengurus kaders DPC PDI Perjuangan atau berhubungan dengan Kepala Desa (Kades) setempat untuk mendapat bibit hotong secara gratis, Dan untuk mesin pengolahan padi hotong hasil petani Kami juga sudah siapkan sehingga para petani mudah mengolah hasil mereka nantinya” Ujar MDR saat di dampingi Istrinya.

Sementara itu Ketua Umum DPP IUMKM, NY Hermawati Setyorinni Menambahkan,, Kabupaten Buru Provinsi Maluku, kedepan diharapkan menjadi ketahanan pangan lumbung Padi Hotong nasional,dengan program IUMKM yang diakomodir Pak MDR dapat menjawab kebutuhan petani dan Kita semua mencari kemudahan dan keringanan untuk masyarakat petani yang tinggal di daerah ini” Tuturnya.

Selanjutnya, Kami juga siap membantu petani untuk mendapatkan pemasaran hasil petani dan Petani bukan saja sebagai petani akan tetapi kedepan nanti petani juga bisa jadi pengusaha sukses Kita juga bisa mengambil contoh dari kelebihan Pak MDR yang sangat luar biasa, MDR dari kesuksesannya terpanggil untuk mengembangkan semangat petani di daerahnya, dimana padi hotong ini merupakan makanan masyarakat Pulau Buru sejak leluhur terdahulu menjadi makanan khas pokok warga di daerah ini dan juga makan hotong punya gizi lebih tinggi.

Reporter : Kiswan

Check Also

PMII Tidak Ada Faksi Timur Yang Ada Hanya Nusantara, Mari Kita Legowo Untuk Gus Abe

Namlea,N25NEWS.com -Kongres XX Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), sudah selesai. Muhammad Abdullah Syukri terpilih sebagai …