Breaking News

Panca Karya Lakukan MoU Dengan Perusahan SBI Dari Perancis

AMBON,N25NEWS.COM – PTK bersama-sama Soletanche Bachy Internasional telah diundang Perusahan Daerah Panca Karya (PDPK),sebuah BUMD milik Provinsi Maluku untuk turut mengembangkan Kawasan Pangkalan Kedaulatan Terintegrasi NKRI (Integrated Oshore Supppy Base) di Pulau Selaru.

Pada acara penanda-tanganan MoU pada tanggal 17 Januari 2019 tersebut dihadiri oleh Direktur Utama Panca Karya,Antonius Sihaloho,bersama Direktur Komersial PTK,Wendi Komaludin,Direktur Asia Pacific dari SBI Nicolas Pich beserta tamu kehormatan Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua dan Direktur Utama Pertamina,Ketua BAIS,yang dilakukan di Four Season Hotel,Jalan Gatot Subroto,belum lama ini.

PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) sebagai anak usaha Pertamina yang difokuskan untuk melayani logistik dan pengelola pelabuhan untuk mendukung operasional pertamina,bersam-sama dengan Soletanche Bachy Internasional (SBI) perusahan swasta dari Perancis bidang pengembangan dan kontruksi pelabuhan untuk turut mengembangkan Pelabuhan Selaru.

Pelabuhan Selaru dibangun dengan maksud untuk mengembangkan Kawasan Pangkalan Kedaulatan Terintegrasi NKRI (Integrsted Oshore Supply Base) di Pulau Selaru dengan investasi diperkirakan Rp.1,3 triliun.

“Sementara itu harapan podetif yang diungkapkan oleh Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua bahwa pembangunan infrastruktur dan fasilitas shorebase ini akan meningkatkan peran pemerintah daerah dalam mempermudah explorasi offshore dan meningkatkan ekonomi daerah secara umum,” harap Sahuburua.

Baca juga :   Peserta Dari Negeri Banda Nilai Panitia Lomba Perahu Belang Ambon Kurang Siap

Adapun Stephane Bourillot sebagai Direktur forshore yang merupakan cabang dari SBI yang fokus pada design,pendanaan kontruksi,pemiliharaan pada pelabuhan akan bekerja,berkeinginan untuk berperan secara optimal untuk mendukung suksesnya proyek ini.
Begitupun juga dengan Wedi Komaludin sebagai Direktur Komersial dari PTK juga neyakinkan bahwa dengan pengalaman sejenis di Batam dan Kalimantan Timur, pelabuhan shorebase ini dapat memberikan standar pelayanan migas secara baik selain untuk mendukung operasional pertamina di Kawasan Indonesia Timur.
Sedangkan Leny Maryouri sebagai ahli pendanaan infrastruktur di Indonesia meyakinkan bahwa proyek ini akan sukses karena sudah diperhitungkan sumber pendapatan sebagai pengembalian investasi, menjadi pasar utama layanan yang diharapkan akan mampu mengembalikan investasi,pelabuhan shorebase tersebut.

“Dia menandaskan bahwa adanya shorebase port di Pulau Selaru akan memacu percepatan realisasi explorasi terhadap 7 offshore di kawasan Indonesia timur yang telah di ijinkan yang akan membantu memudahkan proses logistik selama explorasi,dari 7 offshore akan menjadi pasar utama layanan yang diharapkan akan mampu mengembalikan investasi pelabuhan shorebase tersebut,”tandasnya.

Penulis : Aris Wuarbanaran
Editor : Redaksi

About admin

Check Also

Far-Far,Permasalahan Pertanahan Di Maluku Cenderung Menimbulkan Konflik Kepentingan

AMBON,N25NEWS.COM-Permasalahan pertanahan dalam masyarakat sering dan cenderung terjadi dimana hal tersebut telah menimbulkan konflik kepentingan …