Para Pejabat Publik Di Maluku Akan Di Vaksin Pada 13 Januari 

AMBON,N25NEWS.com-Para pejabat publik di provinsi Maluku akan menerima vaksin COVID-19,pada tanggal 13 Januari 2021 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas provinsi Maluku,Meykal Pontoh kepada awak di kantor Gubernur Maluku,Selasa (05/01).

“Pejabat publik Maluku yakni Gubernur,Sekda,Kepala Dinas dan OPD lainnya akan di vaksin ada tanggal 13 Januari ini,”ungkap Pontoh.

Adapun,para pejabat yang di vaksin sangat berdampak,pasalnya dengan mereka di vaksi akan memberikan contoh positif kepada masayarakat tentang vaksin tersebut.

Selain itu,kata Pontoh,dengan dilakukannya vaksinasi ini,maka sudah barang tentu untuk memotong pandemi COVID-19,olehnya itu kesadaran harus dibangun guna hal tersebut.

Dijelaskannya lagi,belum ada sanksi bagi tenaga kesehatan dan non medis yang tidak mau menerima vaksin,karena memang belum ada aturan untuk itu.

“Penolakan itu,karena mereka belum dapat informasi yang benarnya.Belum ada sanksi untuk mereka,”ujar Pontoh.

Lebih lanjut,Pontoh mengatakan,walaupun proses vaksinasi berjalan,protokol kesehatan tetap berjalan juga.”Dua pertiga penduduk dunia belum divaksinasi jadi belum bisa dikatakan ada kekebalan tubuh (hard imunity),”jelasnya.

Ditambahkannya,vaksin yang sudah tiba di Maluku belum bisa digunakan,hanya dapat didistribusikan,sambil menunggu izin edar darurat (emergency autorization) dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Ditempat yang sama Juru Bicara (Jubir) Satgas COVID-19 Maluku,dr.Rony Rerung,menyampaikan,tahap pertama yang akan menerima vaksin adalah tenaga medis dan non medis yang bekerja pada fasilitas kesehatan pada 15 Januari mendatang.

“Tidak semua fasilitas kesehatan dapat melakukan proses vaksinasi,hanya fasilitas yang memiliki vaksinator yang sudah dilatih,mempunyai tempat penyimpanan vaksin bersuhu 2 hingga 8 derajat celcius,”tandasnya.

Reporter    : Aris Wuarbanaran

Editor        : Redaksi

Check Also

Jokowi Tegaskan Vaksinasi Akan Dimulai Pekan Depan,Maluku Siap Melakukan Vaksin Di 11 Kabupaten/Kota

AMBON,N25NEWS.com-Presiden Joko Widodo menegaskan program vaksinasi COVID-19 akan dimulai pemerintah pada pekan depan.Karena itu,Presiden Jokowi …