Home / Ekonomi / Pastikan Terjangkau Jelang Lebaran, Disperindag Maluku Gandeng Bulog Terjuni Pasar

Pastikan Terjangkau Jelang Lebaran, Disperindag Maluku Gandeng Bulog Terjuni Pasar

AMBON,N25NEWS.COM – Harga enceran tertinggi untuk kebutuhan pokok beras medium kemasan 10 hingga 25 Kg di jual per Kg ditetapkan Rp 10.500,-. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Nomor 141 tahun 2018.

Untuk itu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku menggandeng Bulog Maluku terjuni lapangan guna melakukan pemantauan kondisi harga pasar pada kebutuhan pokok pada Pasar Mardika, Pasar Gotong Royong maupun Batu Merah.

Sesuai arahan Menteri Perdagangan, Bulog Maluku diminta untuk terus melakukan pantauan harga beras dipasaran agar tidak ada gejolak harga ditingkat pengecer.

Hal ini kemudian diakui oleh Kepala Bidang Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku, Bustaman Ohorella kepada N25News.com, Selasa (24/04) di Ruang Kerjanya.

Menurut Ohorella, Beras cadangan pemerintah yang dikenal dengan beras Premium seringkali dijual dengan harga dipasaran dengan harga tinggi ini sehingga yang perlu diantisipasi.

Sejauh ini Disperindag Provinsi Maluku telah melakukan uji kualitas beras premium.Yang dilakukan meliputi kualitas air teruji mutunya. uji mutu ini menurut Ohorela agar supaya beras yang dijual benar benar terjamin kualitasnya

Untuk mengantisipasi kemungkinan  gejolak harga kebutuhan pokok  jelang lebaran nantinya pula, dirinya mengakui di jauh hari pihaknya telah berkoordinasi dengan distributor dan agen maupun pemerintah daerah agar supaya stok tetap cukup dan aman.

“Untuk kebutuhan pokok seperti gula susu tepung terigu mentega harga masih stabil karena stok mencukupi  hingga beberapa bulan kedepan,” tambahnya.

Namun, hal yang di Khawatirkan seperti telur  dan daging sering kali harga naik dan telur mudah cepat rusak karena kondisi cuaca. Untuk bawang merah saja, Ohorella mengakui harga saat ini  capai Rp 40.000 perkilo hingga Rp 42.0000.

Baca juga :   Gelar Pendidikan dan Pelatihan,Paliama Sejahterahkan Masyarakat Lewat Koperasi.

“Untuk itu, guna mengantisipasi hal tersebut,nantinya jelang Lebaran pada bulan Mei tepatnya pada kisaran tanggal 07 hingga 09 mei nanti Disperindag Provinsi Maluku akan menggelar pasar murah untuk mempermudah masyarakat memperoleh kebutuhan bahan pokok pangan dengan harga terjangkau,” tutupnya. (Reimond Souisa)

About admin

Check Also

30 Peserta Ikut Ajang Lomba Masak Ikan Nusantara

AMBON,N25NEWS.COM – Lomba Masak Ikan Nusantara dalam rangka Menuju Istana yang diselenggarakan Dinas Perikanan dan …