Home / Kota Ambon / PATBM Jadi Fokus Penanganan Kekerasan Anak

PATBM Jadi Fokus Penanganan Kekerasan Anak

AMBON,N25NEWS.COM – Perlindungan anak yang dilakukan Pemerintah kini berfokus pada penanganan keluarga yang rentan dan beresiko atau sudah menjadi korban kekerasan.

Minimnya perhatian pemerintah terhadap upaya penguatan keterampilan orang tua hidup anak secara menyeluruh dalam tatanan sosial dengan penyadaran, penguatan, dan penegakan norma yang berlaku.

Hal ini diakui oleh Sekretaris Kota Ambon, A.G Latuheru, saat membuka kegiatan Pelatihan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) di Kota Ambon Tahun 2018 yang di selenggarakan pada Rabu, (28/03/18) pada Ballroom Marina Hotel, Kota Ambon.

Menurutnya, Anak – anak biasanya di ekspletil, baik dari orang tua maupun di luar.

“Dalam pikiran orang tua, anak menjadi tanggung jawab mereka, anak mau sekolah atau tidak, di pukul atau tidak itu menjadi persepsi orang tua. Orang lain tak perlu mencampuri urusan orang tua dan anak. Itu dulu,” pikirnya.

“Akan tetapi, Sekarang ini sudah menjadi patut anak harus dilindungi. Dengan hadirnya UU Perlindungan anak Dan Perempuan. Artinya, sangat penting anak harus mendapat pendidikan yang layak dan bebas dari intimidasi baik dari lingkungan keluarga maupun masyarakat,” tegas Latuheru.

Untuk itu, pengembangan PATBM yang di prakarsai oleh Kementerian Perlindungan anak Dan Perempuan RI melalui tindakan penelitian di Provinsi Maluku tahun 2018 kemudian mampu mengidentifikasi praktek – praktek terbaik perlindungan anak yang dilakukan masyarakat, kendala yang dihadapi serta potensi pengembangannya.

Menutupnya, Latuheru berharap melalui PATBM  masyarakat kemudian mampu mengenali, menelaah dan mengambil inisiatif untuk mencegah dan memecahkan permasalahan kekerasan terhadap anak yang ada di lingkungannya sendiri.

PATBM saat ini turut di hadiri oleh Anggota parlemen perempuan,Yuli Pattipeilohy, narasumber Pelatihan PATMB, Maria M Bubu, serta Kepala Dinas P3MD, Rulien Purmiasa dengan melibatkan unsur Masyarakat pada kelima Kecamatan di Kota Ambon. (Amy Latuny)

About admin

Check Also

Pemkot Ambon Tegaskan Segera Tetapkan Peta Batas Wilayah

AMBON,N25NEWS.COM – Untuk memperbaharui batas administrasi sebuah pemerintahan, Pemerintah Kota Ambon kini menegaskan kepada seluruh …