Breaking News

Pattiselano : Sembako Mutlak Diproritaskan

AMBON,N25NEWS.COM-Pengawasan dan koordinasi terus dilakukan dengan distributor sembakao (Sembilan bahan pokok) dengan demikian para distributor paham betul efeknya sangat bermanfaat bagi mereka sendiri.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Maluku,Elvis Pattiselano kepada awak media disela-sela acara Upacara Pelepasan Alumni Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat II Angkatan XVI di Balai Pengembangan Sumberdaya Manusia (BPSM) Provinsi Maluku, senin (10/12/2018).

Lebih lanjut  Pattiselano mengatakan,”Minggu lalu hari kamis itu tepatnya pagi hari untuk  komoditi telur sempat agak naik,itu karena kapal yang masuk sandarnya agak terlambat,kita lalu koordisasi maka di bongkar 17 konteiner  dan pada sorenya telur lansung turun 1.800,dari 2.500  sekarang sudah normal kembali,”kata Pattiselano.

Memang di Pualu Jawa ada kenaikan harga telurnya yaitu di Surabaya,tapi kita berharap  sekitar 1.600 sampai 1.700.Sekarang kalau tidak salah hari ini sudh 1.600-1.700 nanti kita pantau terus.Hari kamis itu juga ada 5 konteiner yang masuk,jadi ini terlur masuk terus,apalagi menjelang pasar murah distributor sudah sangat paham betul.

“ Kalau ada penimbunan ya sangsi lah, Kapolda Maluku sendiri sudah sampaikan itu dan rujukannya UU No 7 Tahun 2014 Tentang Perdaganan dan sangsinya pidana,tapi sekarang ini sudah tidak lagi,distributor sudah sangat paham,kalau dulu mereka bisa berlindung dibalik sulitnya transportasi  ya mereka bisa simpan alasanya kapal tidak masuk barang tidak ada,”jelas Pattiselano

Sekarang ini para distributor tidak bisa lagi beralasan tidak ada kapal,sebab sekarang kapal tidak susah bagaimana tidak setip minggu 2 sampai 3 kapal ada yang masuk jadi jadi distributor tidak punya alasan  tidak ada stok,apalagi senergitas Desperindag dengan Pelindo dan Operator Pelayaran serta dengan distributor sehingga yang namanya sembako pasti diproritaskan untuk dibongkar.

“Itu kita sudah pernah buktikan ya, kita minta Pelindo keluarkan kapal yang Cuma bongkar besi beton keluar dulu, sembako bongkar dulu selesai bongka baru besi beton bongkar lagi gitu,karena barang yang memang tiap hari dibutuhkan ini yang kita utamakan,”tandas Pattiselano.

Penulis : Aris Wuarbanaran

About admin

Check Also

Walikota Lakukan Pertemuan Dengan Pejabat Struktural Dan Fungsional

AMBON,N25NEWS.COM – Dalam rangka menjelang HUT Kota Ambon ke-443 september mendatang, Walikota Ambon,Richard Louhenapessy melakukan …